Tim Anies Curhat ke MK: Banyak Saksi Mundur karena Diancam

Amelia Yesidora
27 Maret 2024, 16:38
anies, mk, lpsk
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/Spt.
Suasana sidang perdana perselisihan hasil Pilpres 2024 dengan pemohon calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis dari (27/3/2024).
Button AI Summarize

Ketua Tim Hukum Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ari Yusuf Amir mengatakan banyak saksi yang mengundurkan diri meski berniat memberikan keterangan dalam gugatan Pemilihan Presiden. Oleh sebab itu, Pihak AMIN meminta perlindungan saksi.

Selain itu, Timnas AMIN akan meminta bantuan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban alias LPSK untuk melindungi saksi mereka. Mereka sebelumnya sudah minta perlindungan saksi dari Mahkamah Konstitusi.

 “Karena dari sekian banyak saksi kami, sudah banyak yang mengundurkan diri karena mengalami intimidasi dan kriminalisasi, terutama di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” kata Amir di konferensi pers usai sidang PHPU di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (27/3).

 Sebelumnya Ketua Mahkamah Konstitusi Suhartoyo sudah berjanji menjaga nama saksi yang diajukan kubu AMIN tidak bocor ke publik. Hal ini diungkapkan usai kubu AMIN meminta diskresi hakim MK.

 “Iya, percayakan pada Mahkamah. Insya Allah tidak bocor, kecuali anda sendiri yang bocorkan,” ujar Suhartoyo di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (27/3).

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...