Pemerintah Renovasi 3 Stadion di Jawa Timur Berstandar FIFA

Safrezi Fitra
30 Maret 2024, 10:25
Pemerintah Renovasi 3 Stadion di Jawa Timur Berstandar FIFA, stadion berstandar internasional, kementerian pupr, sepak bola
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Ilustrasi stadion sepakbola
Button AI Summarize

Pemerintah merenovasi tiga stadion di Jawa Timur dengan total anggaran Rp266 miliar. Renovasi ini dilakukan untuk mendukung transformasi sepak bola nasional melalui penyediaan infrastruktur berstandard internasional sesuai ketentuan FIFA.

“Kegiatan ini ,” kata Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, seperti dikutip Antara, Sabtu (30/3).

Tiga stadion di Jawa Timur (Jatim) tersebut yakni Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan di Kabupaten Pamekasan, Gelora Joko Samudro di Kabupaten Gresik, dan Gelora Delta di Kabupaten Sidoarjo. Pekerjaan renovasi menggunakan dana APBN itu berdasarkan hasil audit dan evaluasi yang dilakukan pada tahun 2023 lalu.

Pekerjaan renovasi ini menggunakan dana APBN dengan nilai kontrak fisik Rp266 miliar, yang terbagi sebesar Rp72,10 miliar untuk Gelora Madura Ratu Pamelingan, Rp94,08 miliar untuk Gelora Joko Samudro Gresik, dan Rp100 miliar untuk Gelora Delta Sidoarjo.

Renovasi untuk 3 stadion ini sudah mulai dilaksanakan sejak Desember 2023 dan ditargetkan selesai pada Agustus 2024. Progresnya saat ini secara keseluruhan baru mencapai 7,9 persen.

Basuki meninjau progres renovasi Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan di Kabupaten Pamekasan pada Jumat ini. Ia menjelaskan infrastruktur yang diperbaiki di stadion tersebut meliputi lapangan utama, kursi untuk penonton, lampu penerangan dan fasilitas penunjang lainnya, termasuk sarana yang menunjang kebutuhan penyandang disabilitas.

“Saya minta rumput, lintasan atletik, kursi, dan fasade-nya juga diperbaiki, sehingga melalui renovasi ini diharapkan dapat memberikan jaminan keselamatan, keamanan, kemudahan, dan kenyamanan yang baik bagi para atlet maupun penonton,” ujar Basuki.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...