Langkah Nadiem Tak Wajibkan Ekskul Pramuka Tuai Pro dan Kontra

Amelia Yesidora
3 April 2024, 14:47
pramuka, ekskul, nadiem
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.
Sejumlah siswa melakukan parade pada acara Gelar Senja Pramuka di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (14/9/2023).
Button AI Summarize

Langkah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim menghapus Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah menuai pro kontra di kalangan pengamat pendidikan. Salah satu pertimbangan utamanya adalah ketersediaan pembina Pramuka di sekolah-sekolah.

Pengamat Pendidikan Vox Populi Institute, Indra Charismiadji, tidak setuju dengan penghapusan Pramuka sebagai ekskul wajib. Menurutnya, Pramuka adalah salah satu gerakan pemuda yang penting untuk membina sifat toleransi dan cinta negara. Indra mengatakan seharusnya pemerintah mengambil keputusan tidak berdasar keinginan orang tua saja.

 “Gampangnya, orang tua murid bakal pilih anak berkegiatan Pramuka atau ikut bimbel? Pasti pilih bimbel. Jadi ini jangan dilihat sebagai sebuah upaya untuk menyenangkan orang tua,” ujarnya pada Katadata.co.id, Selasa (2/4).

Indra juga menyoroti peraturan menteri ini yang muncul secara tiba-tiba. Ia berpendapat harusnya pemerintah mengadakan kajian dasar dan dialog dengan pihak terkait sebelum memutuskan kebijakan. Saat kebijakan diresmikan juga harus diadakan sosialisasi.

Pemerhati Pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Itje Chodijah memiliki pendapat berbeda. Menurutnya, ekskul Pramuka tidak perlu diwajibkan bagi peserta didik karena ada ekstrakurikuler lain yang bisa memberi manfaat serupa. Bahkan sudah ada pembicaraan yang cukup lama sebelum keputusan ini diambil.

 “Setahu saya sudah lama diskusinya. (Pertimbangannya) karena tidak semua sekolah punya kakak pembina,” katanya pada Katadata.co.id, Rabu (3/4).

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...