Ditanya Ketua MK, Risma Mengaku Tak Berani Usul Anggaran BLT El Nino

Ade Rosman
5 April 2024, 11:39
mk, risma, bansos
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/nym.
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengikuti rapat kerja bersama Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/11/2023).
Button AI Summarize

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengaku Kementerian yang dipimpinnya tak berani mengusulkan anggaran Bantuan Langsung Tunal (BLT) El Nino. Hal itu diungkapkan Risma saat hadir di sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pillres di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (5/4).

Penjelasan Risma disampaikan menjawab pertanyaan Ketua MK Suhartoyo soal usalan bansos El Nino. Ia menjelaskan, Kemensos tak berwenang mengusulkan anggaran karena mempertimbangkan situasi keuangan.

"Kami enggak berani mengusulkan (anggaran El Nino), bapak Yang Mulia," kata Risma.

Risma mengatakan Kemensos tak tak berani mengusulkan karena tak mengetahui kondisi keuangan apakah memungkinan atau tidak. Ia pun mengatakan, hal itu pun terjadi untuk tahun-tahun sebelumnya.

"Kami berani, biasanya diadakan rapat, kemudian disepakati apa begitu. Karena kami tidak berani, karena kami tidak tahu kondisi makro masalahnya," kata Risma.

Dalam penjelasan awal, Risma mengatakan pemberian bantuan langsung tunai (BLT) el nino disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Persetujuan telah diberikan pada akhir 2023 lalu.

"Ini disetujui DPR melalui kesimpulan rapat kerja Komisi VIII dengan Mensos pada Selasa, 7 November 2023," kata Risma.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...