Jokowi Rayakan Lebaran di Jakarta, Gelar Open House di Istana

Muhamad Fajar Riyandanu
5 April 2024, 17:15
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) dan Mensesneg Pratikno (kiri) memberikan keterangan pers.
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) dan Mensesneg Pratikno (kiri) memberikan keterangan pers.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melaksanakan salat Idulfitri (Id) 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal Jakarta. Jokowi juga akan merayakan lebaran 2024 di Jakarta dan akan menggelar open house.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan telah menerima surat masuk dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kepada Jokowi yang berisi undangan untuk melaksanakan salat ied di Masjid Istiqlal.

“Sudah ada surat masuk dari Pak Menteri Agama kepada bapak Presiden terkait undangan salat Ied di Istiqlal. Jadi, iya insha Allah di Jakarta,” kata Pratikno di Istana Merdeka Jakarta pada Jumat (5/4).

Pratikno mengatakan Kepala Negara juga telah dijadwalkan untuk menyelenggarakan gelar griya atau open house di Istana Kepresidenan Jakarta. Meski begitu, dia belum dapat memberikan rincian mengenai waktu pelaksanaan sesi open house itu. “Belum, belum difinalkan, tetapi rencana di Jakarta,” ujar Pratikno.

Adapun pada tahun sebelumnya, Jokowi melangsungkan salat Idulfitri 1444 Hijriah di Masjid Raya Sheikh Zayed, Kota Surakarta, Jawa Tengah pada Sabtu (22/04/) sekira pukul 06.05 WIB.

Ibadah salat Id tersebut merupakan yang pertama kalinya digelar setelah Masjid Sheikh Zayed resmi dibuka untuk umum pada Februari 2023. Pada momen tersebut, Jokowi didampingi oleh Ibu Iriana Jokowi dan putra bungsunya Kaesang Pangarep.

Selain itu, turut mendampingi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Masjid Sheikh Zayed di Surakarta, Jawa Tengah, telah dibuka secara resmi untuk masyarakat umum oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada 28 Februari 2023. Pembukaan itu dilakukan seiring dengan peringatan Isra Mikraj Tingkat Kenegaraan Tahun 2023/1444 H.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...