Mantan Dubes Minta Indonesia Aktif jadi Penengah Konflik Iran - Israel

Muhamad Fajar Riyandanu
15 April 2024, 17:36
Konflik
un.org
Sidang darurat Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat (AS) pada Senin (30/11).
Button AI Summarize

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat sekaligus Ketua Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Dino Patti Djalal, mendorong Pemerintah Indonesia untuk berinisiatif menjadi penengah dalam konflik bersenjata Israel-Iran. Dino mengatakan Indonesia punya modal unggul untuk menghentikan eskalasi konflik di Timur Tengah itu. 

Menurut Dino, pemerintah Indonesia dapat menjalin kontak dengan Iran untuk meredam tensi konflik. Terlebih lantaran Indonesia punya hubungan bilateral yang kuat dengan Iran. 

“Dan sebagai wujud dari politik bebas-aktif, kita harus mengingatkan jika perang akan berdampak pada semuanya," kata Dino dalam diskusi daring bertajuk 'Ngobrol Seru Dampak Konflik Iran-Israel ke Ekonomi RI' pada Senin (15/4).

Di sisi lain, Dino meminta agar Indonesia segera menghubungi Pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk meminta Israel supaya tidak membalas gempuran udara Iran. Hal itu menurut dia perlu dilakukan lantaran Indonesia tidak punya akses langsung ke Israel. .

Dino menganggap inisiatif Indonesia untuk menjadi penengah konflik Israel-Iran terbilang mendesak seiring nihilnya mekanisme di kawasan Timur Tengah untuk meredam konflik antara Israel dan Iran saat ini.

Dia mengatakan, organisasi kemitraan di kawasan Timur Tengah seperti Dewan Kerja sama untuk Negara Arab di Teluk atau Gulf Cooperation Council (GCC) hingga Liga Negara Arab tidak berdaya untuk menanggulangi konflik bersenjata Israel-Iran.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...