JK: Pencalonan Jokowi di Jakarta Bikin Mega-Taufik Kiemas Bersitegang

Muhamad Fajar Riyandanu
22 April 2024, 13:47
jokowi, jusuf kalla, megawati
Katadata/Amelia Yesidora
Mantan Wakil presiden Indonesia, Jusuf Kalla, memprediksi Pilpres 2024 akan berlangsung dalam dua putaran, Rabu (10/1/2024)
Button AI Summarize

Wakil Presiden 2004-2009 dan 2014-2019 Jusuf Kalla mengatakan pencalonan Joko Widodo sebagai calon Gubernur DKI Jakarta pada 2012 sempat membuat Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri bersitegang dengan suaminya, yakni Taufik Kiemas.

Hal tersebut diceritakan oleh Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam siniar Abraham Samad SPEAK UP yang diunggah pada 25 Januari 2024. Pernyataan ini juga belakangan ramai lagi karena dibagikan warganet di media sosial X pada Minggu (21/4).

Menurut JK, Megawati dan Taufik Kiemas sempat tak akur selama 1 bulan akibat kejadian tersebut. Kalla mengatakan Megawati ngotot mendukung Jokowi pada Pilkada DKI 2012. Sikap ini berseberangan dengan langkah Taufik Kiemas yang saat itu memberikan dukungan kepada petahana Fauzi Bowo.

"Bu Mega bertentangan dengan Pak Taufik Kiemas dan sehingga Bu Mega satu bulan tidak bicara dengan suaminya, karena ini pengorbanan Bu Mega untuk Pak Jokowi, luar biasa," kata JK dikutip pada Senin (22/4).

JK mengaku ikut berkontribusi dalam sikap Megawati untuk mendukung Jokowi dalam Pilkada DKI Jakarta 2012. JK menyatakan bahwa dirinya menjadi pihak pertama yang mempromosikan Jokowi ke Megawati untuk maju ke Pemilihan Gubernur Jakarta.

Dia menganggap Jokowi saat itu merupakan figur politik yang rendah hati dan juga punya kompetensi cakap sebagai pimpinan kota. Pandangan tersebut menjadi dalil yang diajukan JK kepada Megawati agar bersedia mengangkat Jokowi ke kontestasi Pilkada tingkat provinsi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...