Prabowo Ditetapkan Presiden Terpilih Hari Ini, 4.266 Aparat Disiagakan

Ade Rosman
24 April 2024, 08:22
Presiden terpilih Prabowo Subianto memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Selasa (23/4/2024). Pertemuan tersebut dihadiri juga oleh tim hukum
ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww.
Presiden terpilih Prabowo Subianto memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Selasa (23/4/2024). Pertemuan tersebut dihadiri juga oleh tim hukum Prabowo-Gibran dalam rangka silaturahim sekaligus penyerahan hasil putusan sidang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi.
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Rabu (24/4). Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan sebanyak 4.266 aparat gabungan disiagakan.

"Terkait dengan sidang pleno KPU pada hari ini pasukan TNI-Polri gabungan disiagakan sebanyak 4.266 personil yang akan tergelar baik itu di ring 1, di ring 2, dan ring 3," kata Susatyo, Rabu (24/4).

Ia mengatakan, personil gabungan tak hanya disiagakan di sekitar kantor KPU, namun juga di sejumlah titik lainnya yang meliputi Bundaran HI, Suropati, Untung Suropati, hingga Menteng, Jakarta Pusat.

Di sisi lain, Susatyo mengatakan rekayasa lalu lintas telah diterapkan sejak Selasa (23/4) malam.

"Kami sudah melakukan rekayasa lalu lintas khususnya di depan KPU sehingga arus lalu lintas di Jalan Imam Bonjol ini memang sudah kita lakukan penutupan sejak tadi malam, dan arus lainnya masih normal," kata dia.

Nantinya, tambah Susatyo, apabila terdapat dinamika massa yang cukup besar akan dilakukan rekayasa lalu lintas dengan skala yang lebih jauh, tak hanya di depan Kantor KPU.

"Mungkin nanti sampai dengan sekitaran sekitaran taman kami sudah mulai melakukan setting pengamanan sejak pukul 4 sore, dan mulai pukul 16.00 kami sudah melakukan penutupan di depan kawasan KPU," katanya. 

Prabowo Ditetapkan Sebagai Presiden Terpilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar penetapan pemenang Pilpres 2024 bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu pagi, mulai pukul 10.00 WIB.

Anggota KPU RI Idham Holik mengatakan penetapan pasangan presiden dan wakil presiden terpilih paling lambat 3 hari setelah pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai perselisihan hasil pemilu sesuai dengan Pasal 4 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2024.

Dia menjelaskan penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagaimana pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Senin (22/4) menolak seluruh permohonan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dalam sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024.

"KPU RI akan menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih sebagaimana yang kita ketahui pada tanggal 22 April 2024, Mahkamah Konstitusi sudah membacakan putusan untuk dua permohonan," kata Idham di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (23/4) seperti dikutip dari Antara.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...