Gerindra Sebut Koalisi Prabowo Bakal Kumpul Mei, PKB dan Nasdem Ikut

Amelia Yesidora
25 April 2024, 19:16
prabowo, nasdem, pkb
Fauza Syahputra|Katadata
Presiden terpilih, Prabowo Subianto (tengah) bersama dengan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka (ketiga kanan) menyampaikan keterangan pers seusai rapat pleno penetapan pemenang Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2024).
Button AI Summarize

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan Koalisi Indonesia Maju bakal bertemu pada Mei. Pertemuan ini bakal mengajak partai yang baru bergabung dalam koalisi pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu.

“Kami akan ada agenda pertemuan bersama pada Mei. Sekaligus syukuran bersama setelah selesainya Pemilihan Presiden,” kata Dasco di kediaman Prabowo, Kamis (25/4).

Menurut Dasco, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Nasdem bakal hadir dalam pertemuan ini. Dua partai lain yang masih belum ditemui, seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih belum bisa dipastikan hadir.

Dasco menyatakan tidak ada penolakan dari partai lain di KIM terkait bergabungnya dua partai ini. Partai dalam KIM antara lain Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, dan PBB.

 “Teman-teman di KIM mempercayakan sepenuhnya ke Presiden terpilih dalam menambah teman koalisi baru maupun kemudian penyusunan kabinet,” ujarnya.

Adapun, hari ini Prabowo menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Dari kunjungan ini, Nasdem sepakat untuk berkoalisi dengan pemerintahan baru Prabowo-Gibran. 

"Nasdem hari ini menyatakan, kembali menegaskan, mendukung pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran,” ujarnya di kediaman Prabowo di Jalan Kartanegara, Jakarta, Kamis (25/4).  

Saat ditanya terkait pernyataan ini, Surya mengaku dirinya berkontemplasi cukup lama. Menurutnya, langkah ini akhrinya diambil berdasar rasionalitas dan kejujuran hati. 

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...