Indonesia ke Semifinal Piala Asia, Tumbangkan Korsel Lewat Adu Penalti

Syahrizal Sidik
26 April 2024, 06:55
Indonesia ke Semifinal Piala Asia, Tumbangkan Korsel Lewat Adu Penalti
ANTARA FOTO/HO-PSSI/mrh/wpa.
Timnas U-23 Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum melawan Timnas U-23 Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari. Timnas Indonesia berhasil menaklukkan Korsel melalui adu penalti.
Button AI Summarize

Tim nasional sepakbola Indonesia menciptakan sejarah baru melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah menaklukkkan Korea Selatan melalui adu penalti dengan skor 11-10 pada pertandingan perempat final, Jumat dini hari (26/4).

Berlaga di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, gawang Indonesia sempat kebobolan pada menit kedelapan. Tetapi, setelah tinjauan VAR gol itu tidak disahkan wasit karena pemain Korea Selatan berada dalam posisi offside.

Indonesia yang bermain tanpa rasa takut menghadapi nama besar Negeri Ginseng memecah kebuntuan pada menit ke-15 lewat gol cantik Rafael Struick dari luar kotak penalti. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Korsel kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-45 ketika sundulan pemain Korsel mengenai Komang Teguh untuk masuk gawang Ernando Ari.

Struick memulihkan keunggulan Indonesia menjelang babak pertama usai ketika menerima umpan panjang dari Ivar Jenner. Dia mengontrol bola dan mengecoh bek lawan untuk kemudian menaklukkan kiper Baek dengan sepakan kaki kiri. Babak pertama pun ditutup dengan skor 2-1 untuk Indonesia.

Di awal babak kedua, Indonesia memiliki tiga peluang bagus. Namun dua tembakan Struick dan satu tembakan Pratama Arhan belum menemui sasaran. Marselino kemudian mendapat peluang bagus ketika menggiring bola di sisi kiri, sebelum melepaskan tembakan yang hanya mengenai jaring samping gawang Korsel. 

Pada menit ke-68, Lee Young-jun melakukan pelanggaran keras terhadap Hubner. Wasit kemudian melakukan tinjauan VAR, dan dari tinjauan itu memberikan kartu merah kepada Young-jun. Korsel pun terpaksa meneruskan permainan dengan sepuluh pemain.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...