Jokowi Minta Pembangunan Dua Gudang Pangan di Papua Rampung Tahun Ini

Muhamad Fajar Riyandanu
30 April 2024, 18:13
papua, jokowi, pangan
ANTARA/HO-Humas Bapanas
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan pembangunan dua gudang pangan di Distrik Sinak dan Agandugume di Kabupaten Puncak, Papua Tengah rampung tahun ini. Dua gudang ini akan dijadikan sebagai pusat distribusi pangan untuk wilayah Papua Tengah.

Amanat tersebut disampaikan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy saat rapat terbatas di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (30/4).

Muhadjir mengatakan pembangunan dua gudang pangan berkapasitas 100 ton itu merupakan hasil evaluasi dari bencana kelaparan yang dipicu oleh kekeringan tahun lalu. Bencana tersebut mengakibatkan warga mengalami gagal panen.

Saat wabah kelaparan tersebut, pemerintah hanya dapat mengirimkan bantuan pangan di Distrik Sinak yang berjarak dua hari jalan kaki dari Distrik Agandugume, Lambewi dan Inori.

"{emerintah hanya bisa mendarat di Sinak sehingga masyarakat harus ambil bahan pangan berjalan kaki," kata Muhadjir saat ditemui usai rapat.

Pengadaan dua gudang pangan ini akan menggunakan dana siap pakai (DSP) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB. Kendati demikian, Muhadjir tak merinci berapa bersaran anggaran untuk pembangunan dua unit tempat penyimpangan pangan tersebut. Konstruksi gudang pangan itu nantinya juga akan melibatkan sejumlah personel TNI.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...