Indonesia - Irak Berebut Tiket Olimpiade Malam Ini, Rizky Ridho Absen

Tia Dwitiani Komalasari
2 Mei 2024, 05:45
Pesepak bola Timnas Indonesia U-23 Rizky Ridho Ramadhani (kanan) mengumpan bola ke arah rekannya saat melawan Timnas U-23 Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024). Indonesia kalah
ANTARA FOTO/HO-PSSI/mrh/nym.
Pesepak bola Timnas Indonesia U-23 Rizky Ridho Ramadhani (kanan) mengumpan bola ke arah rekannya saat melawan Timnas U-23 Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024). Indonesia kalah dari Uzbekistan dengan skor akhir 0-2.
Button AI Summarize

Tim nasional atau timnas Indonesia akan bertanding melawan Irak untuk memperebutkan posisi ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Kamis (2/5) mulai pukul 22.30 WIB. Pertandingan ini juga menjadi penentuan bagi dua tim untuk memperebutkan tiket menuju Olimpiade Paris 2024.

Sebagai informasi, tiket ke olimpiade bisa didapatkan oleh juara 1,2, dan 3 Piala Asia U-23. Jepang dan Uzbekistan telah lebih dulu memenangkan tiket olimpiade tersebut setelah keduanya melaju ke babak Final Piala Asia U-23 2024.

Pada pertandingan yang berlangsung malam ini, Indonesia tidak akan diperkuat oleh kapten timnas, Rizky Ridho, karena mendapatkan kartu merah pada pertandingan sebelumnya melawan Uzbekistan.

Namun, timnas bisa kembali diperkuat oleh striker Rafael Struick yang sempat absen karena akumulasi kartu kuning di dua permainan sebelumnya. Pemain kelahiran Belanda itu sebelumnya menjadi penentu kemenangan timnas Indonesia setelah dua kali membobol gawang Korea Selatan.

“Dia (Struick) sudah bermain bagus sejak awal Piala Asia U-23 2024, sejak fase grup, dia adalah salah satu pemain kunci kami. Memang sayang dia absen di pertandingan melawan Uzbekistan, dan sekarang dia sudah dalam kondisi bugar, dan saya yakin dia akan berkontribusi besar di laga lawan Irak,” kata pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, Rabu (1/5).

Shin mengakui besarnya pertaruhan pada pertandingan besok, yakni tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Oleh sebab itu, faktor semangat akan menjadi salah satu kunci mendapatkan hasil positif.

“Jujur, sulit bagi kami untuk laga besok, apalagi fisik dan mental kami juga terkuras di laga lawan Uzbekistan, jadi kami fokus pada pemulihan fisik dan mental, dan hal itu akan jadi penentu bagaimana hasil (pertandingan) kami saat melawan Irak, bagaimana fisik dan mental kami pulih, juga bagaimana semangat kami untuk memenangi laga,” tutur pelatih asal Korea Selatan itu.

Dipimpin Wasit Arab Saudi

Pertandingan malam ini akan dipimpin wasit asal Arab Saudi, Majed Alshamrani. Dia pernah memimpin pertandingan Indonesia melawan Australia pada fase grup.

Seandainya kalah pada pertandingan malam ini, Indonesia masih memiliki satu peluang lagi untuk tampil di Olimpiade. Caranya yaitu dengan memenangi pertandingan antar konfederasi melawan wakil Afrika, Guinea, yang akan berlangsung pada 9 Mei mendatang.

Sementara itu, bek kanan tim nasional Indonesia U-23, Ilham Rio Fahmi, berjanji bahwa tim yang dibelanya akan dapat memenangi laga kontra Irak malam ini.

“Kami berjanji kepada masyarakat bisa menang. Saya juga yakin kami semua sudah berkembang bagus karena sering berlatih bersama,” ucap Rio pada konferensi pers sebelum pertandingan.

Dia mengatakan, timnas bisa membuat masyarakat Indonesia bangga jika berhasil lolos ke olimpiade. Hal itu juga menjadi sejarah bagi Indonesia, sehingga timnya akan berusaha sebaik mungkin.

Hingga babak semifinal berakhir, terdapat tiga pemain Indonesia yang masuk jajaran top skor sementara Piala Asia U-23 2024. Mereka adalah Rafael Struick, Komang Teguh, dan Marselino Ferdinan yang sama-sama mengemas dua gol.

 

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...