Jokowi akan Genjot Hilirisasi untuk Atasi Dampak Turunnya Harga Jagung

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Mei 2024, 13:47
jagung, jokowi, hilirisasi
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.
Presiden RI Joko Widodo (tengah) bersama Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi (kedua kanan) menekan tombol sirine saat meresmikan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Desa Lembar, Kecamatan Lembar, Lombok Barat, NTB, Kamis (2/5/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merintahkan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman untuk memperkuat hilirisasi pada komoditas pertanian seperti jagung dan palawija lainnya.

Jokowi mengatakan pengolahan lanjutan pada komoditas pertanian dapat meningkatkan nilai jual di tengah penurunan harga. Hilirisasi pada jagung bisa dilakukan untuk diolah menjadi pakan ternak dan minyak goreng.

"Memang ini yang terus akan pemerintah dorong sehingga harga bisa lebih stabil," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers seusai meninjau panen jagung di Kelurahan Brang Biji, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat pada Kamis (2/5).

Jokowi memerintahkan menteri perdagangan dan menteri pertanian untuk membangun wilayah agroindustri yang lokasinya berdekatan dengan area pertanian Jagung di Kabupaten Sumbawa.

Langkah ini dianggap dapat menekan ketergantungan sekaligus mengurangi ongkos logistik pengolahan lanjutan yang sebagaian besar berada di Jawa. "Harga bisa lebih stabil kalau ada industrinya, tapi kalau jauh dari sini terus dibawa ke Jawa, memang cost-nya banyak di transport," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...