PKB Jagokan Dua Kadernya Maju di Pilgub Jabar, Siapa Saja?

Amelia Yesidora
2 Mei 2024, 14:40
pkb, pilkada, jawa barat
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar bersiap memberikan keterangan pers saat Taaruf Politik Calon Kepala Daerah di Jakarta, Rabu (1/5/2024). Kegiatan tersebut untuk menjaring calon-calon kepala daerah yang akan diusung PKB pada Pilkada 2024.
Button AI Summarize

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyiapkan dua nama untuk bersaing di Pilkada Jawa Barat 2024. Mereka akan menjagokan kadernya sendiri di daerah itu.

“Ada Pak Syaiful Huda, ada Pak Cucun Ahmad Syamsurijal,” kata Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid pada wartawan di Komplek DPR RI, Jakarta, Kamis (2/5).

Jazilul menjelaskan nama ini masih tetap akan terus diproses secara internal. Mereka masih harus melewati beberapa proses, salah satunya fit and proper test. Selain itu, mereka juga harus mengatur strategi persaingan dengan partai lain.

“Pilkada itu tidak hanya mengurus rumah tangga sendiri, tapi kan lihat saingan juga," katanya.

Bila menghitung jumlah kursi yang dipegang PKB, Jazilul menyebut pihaknya masih harus berkoalisi dengan partai lain karena kurangnya kursi. Hal yang sama juga terjadi di Jawa Tengah. PKB hanya bisa menjagokan kader sendiri di Jawa Timur.

 “Istilahnya golden ticket,” ujar Jazilul.

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar,  menghitung sudah ada total 300-an orang kandidat calon kepala daerah di seluruh Indonesia yang mendaftar diri ke partainya. 

Partai berlogo bola dunia ini menetapkan proses kepanitiaan secara kolektif, sehingga mereka akan menyeleksi per daerah di seluruh Indonesia. Mereka sendiri bakal melaksanakan fit and proper test untuk menyaring kandidat.

 "Sebagian per zona dan Jakarta, Jawa Barat, Banten akan dilaksanakan pada 1 Mei," kata dia di kediaman Anies Baswedan, Jakarta, Selasa (30/4).

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...