Jokowi Sambut Baik Rencana Prabowo Bentuk Presidential Club

Muhamad Fajar Riyandanu
3 Mei 2024, 20:07
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan keterangan kepada wartawan seusai Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024). Dalam rapim yang mengangka
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan keterangan kepada wartawan seusai Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024). Dalam rapim yang mengangkat tema TNI-POLRI Siap Mewujudkan Pertahanan Keamanan Untuk Indonesia Maju tersebut, Presiden Joko Widodo memberikan kenaikan pangkat secara istimewa kepada Menhan Prabowo Subianto sesuai Keppres Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang Penga
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik usulan Prabowo Subianto untuk membentuk 'presidential club'. Forum itu dimaksudkan sebagai wadah para mantan presiden yang masih hidup agar saling berdiskusi tentang masalah-masalah strategis kebangsaan.

Jokowi menilai ide membentuk presidential club merupakan tawaran yang bagus. "Bagus. Bagus, bagus," kata Jokowi di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat (3/5).

Sembari berkelakar, Jokowi mengatakan pertemuan antar presiden di forum presidential club dapat berlangsung dengan jadwal dua hari sekali. Pernyataan tersebut merupakan jawaban Jokowi atas pertanyaan wartawan.

"Dua hari sekali ya gak apa-apa," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Juru Bicara Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Dahnil Azhar Simanjuntak, menyampaikan rencana Prabowo untuk membentuk Presidential Club yang diisi para mantan presiden yang masih hidup sampai saat ini.

Pembentukan klub tersebut bertujuan agar para mantan presiden bisa tetap rutin bertemu dan berdiskusi tentang masalah-masalah strategis kebangsaan.

Lebih lanjut, kata Dahnil, Prabowo berharap para pemimpin di Indonesia bisa kompak dan rukun untuk turut berpikir dan bekerja bagi kepentingan rakyat, terlepas dari perbedaan pandangan maupun sikap politik mereka.

Dahnil mengatakan Prabowo optimistis akan bisa menjaga komunikasi dengan Presiden Jokowi, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, dan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...