Jokowi Targetkan Pansel KPK Terbentuk Juni, Siapa Anggotanya?

Ameidyo Daud Nasution
14 Mei 2024, 15:32
jokowi, kpk, pansel kpk
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Spt.
Presiden Joko Widodo (tengah) menerima ajakan swafoto saat berolahraga di hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day, kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (12/5/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo menargetkan pembentukan Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan selesai Juni 2024. Saat ini, Jokowi tengah menyiapkan kandidat anggota Pansel tersebut.

"Ini baru menyiapkan anggota dari Pansel," kata Jokowi di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5) dikutip dari Antara.

Belum ada penjelasan dari Jokowi siapa saja nama-nama tokoh yang disiapkan. Namun, Jokowi mengatakan tokoh yang disiapkan adalah mereka yang punya integritas.

"Saya kira banyak sekali, tinggal nanti dipilih," katanya.

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Jokowi tengah mengkaji nama calon Anggota Pansel KPK. Pansel akan berjumlah 9 orang, terdiri dari 5 unsur pemerintah dan 4 dari unsur masyarakat yang ditetapkan lewat Keputusan Presiden.

Sedangkan KPK meminta Pansel memahami tantangan pemberantasan korupsi. Mereka juga berharap Pansel bisa independen dalam memilih pimpinan dan Dewan Pengawas KPK.

KPK juga berharap pimpinan dan Dewas memberantas korupsi yang sejalan dengan visi dan misi Indonesia Emas 2045. "Maka untuk menjaga dan mengawal independensi KPK, salah satunya mengawal pemilihan calon pimpinan dan Dewas KPK dari awal," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta.

Masa jabatan pimpinan dan Dewan Pengawas KPK akan berakhir pada Desember 2024. Berdasarkan aturan, Jokowi akan membentuk panitia seleksi untuk menyaring pimpinan KPK.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...