Hotel Sekitar Candi Borobudur Mulai Penuh Jelang Hari Raya Waisak

Anggi Mardiana
15 Mei 2024, 18:18
Hotel Sekitar Candi Borobudur
Travelingyuk.com
Hotel Sekitar Candi Borobudur
Button AI Summarize

Hotel sekitar Candi Borobudur menjelang perayaan Hari Raya Waisak 2024 sudah banyak yang sudah terisi penuh. Hari Raya umat Budha ini jatuh pada Kamis 23 Mei 2024.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, pada 14 Mei sekitar lingkar satu sudah terpesan 100 persen. Tidak hanya hotel, sejumlah homestay juga sudah banyak terpesan.

Beberapa wilayah di sekitar Borobudur masih tersedia berbagai penyangga. Namun dalam beberapa kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, menyampaikan tingkat okupansi hotel yang dikelola BUMN di sekitar Borobudur menjelang Hari Raya Waisak 2024 tercatat hampir 90%.

Sementara, di sekitar Solo, Yogyakarta, dan Semarang juga mulai penuh menjelang Kamis, 23 Mei 2024. Kondisi ini terjadi karena puncak perayaan Tri Suci Waisak 2024 bertepatan dengan momen libur panjang atau long weekend.

Perayaan Waisak di Kawasan Borobudur Diharapkan Berdampak Baik Bagi Perekonomian Masyarakat Setempat

Banyaknya kunjungan wisatawan ke kawasan Borobudur dapat berdampak baik terhadap kondisi perekonomian masyarakat setempat. Gelaran Tri Suci Waisak 2024 di Borobudur ditargetkan bisa meningkatkan transaksi 15-20, dengan target pengeluaran wisatawan mancanegara sekitar US$1.500-2.000.

Sandiaga Uno berharap acara gelaran Waisak 2024 di Candi Borobudur dapat menarik sekitar 200.000-300.000 kunjungan wisatawan. Tahun ini, sekitar 40 Bhikku dari berbagai negara Asia Tenggara akan melakukan ritual jalan kaki atau thudong jelang puncak Waisak 2024.

Setelah melakukan penyambutan dan pelepasan 40 Bhikku di TMII, Selasa (14/5/2024), para Bhikku akan bertolak menuju Semarang dengan menumpangi kendaraan. Dari Semarang, para Bhikku yang berasal dari Malaysia, Thailand, Singapura dan Indonesia akan bertolak ke Muaro Jambi.

Menjelang Waisak, Ini Beberapa Hotel Sekitar Candi Borobudur

Hotel Sekitar Candi Borobudur
Hotel Sekitar Candi Borobudur (Hotelmix.id)

Hari Raya Waisak tahun 2024 bertepatan dengan long weekend, banyak dimanfaatkan untuk liburan bersama keluarga. Bagi Anda yang ingin merasakan momen puncak Hari Raya Waisak 2024 yang dipusatkan di Candi Borobudur, berikut beberapa pilihan hotel sekitar Candi Borobudur yang bisa dipertimbangkan:

1. Manohara Resort

Manohara Resort terletak di belakang Candi Borobudur, kurang lebih hanya 5 menit jalan kaki dari Candi Borobudur. Manohara Resort mengusung arsitektur kontemporer Jawa, dikelilingi oleh taman-taman hijau yang indah. Dengan harga sekitar Rp800.000 per malam sudah termasuk tiket masuk Candi Borobudur. Anda juga bisa menikmati fasilitas lengkap dengan minibar, pembuat kopi/teh, sarapan pagi, wifi dan TV kabel.

2. Amanjiwo Resort

Amanjiwo Resort merupakan salah satu hotel mewah milik grup Aman, letaknya 4 km dari Candi Borobudur dan Candi Pawon. Menghadap langsung ke Gunung Merapi dan Candi Borobudur, membuat resort ini menawarkan pemandangan spektakuler saat matahari terbit dan terbenam. Memiliki arsitektur ala Eropa abad ke-19 dengan dipadukan etnis Jawa, membuat suasana di resort ini cukup unik.

3. Plataran Borobudur Resort & SPA

Plataran Borobudur Resort & SPA menawarkan 21 suite mewah dengan sentuhan arsitektur tradisional Jawa. Fasilitas yang tersedia mencakup ruang tamu, kamar mandi mewah dengan bethub dan kolam renang pribadi.

Tidak hanya itu, ada banyak aktivitas menarik yang dapat dicoba seperti menjelahi desa sekitar dengan tur Jeep, menunggang kuda, naik gajah atau membuat tembikar. Resort ini telah dilengkapi oleh spa dan restoran, sehingga membuat pengalaman menginap semakin efisien dan menyenangkan.

4. Amata Borobudur Resort

Hotel sekitar Candi Borobudur berikutnya ada Amata Borobudur Resort. Untuk jaraknya hanya sekitar 5 menit dari Candi Borobudur. Hotel satu ini menawarkan fasilitas kolam renang outdoor, fasilitas spa, penyewaan sepeda, kamar mandi modern dengan bathub, akses internet nirkabel gratis, serta layanan concierge.

Itulah beberapa hotel sekitar Candi Borobudur yang menawarkan fasilitas terbaik. Liburan Waisak tahun 2024 di Candi Borobudur akan menjadi pengalaman tidak terlupakan dengan pilihan penginapan yang nyaman dan dilengkapi beragam aktivitas menarik.

Editor: Safrezi

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...