Andika Perkasa Masuk Bursa Calon Gubernur Jakarta Diusung PDIP

Ira Guslina Sufa
17 Mei 2024, 11:12
Andika Perkasa gubernur jakarta
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Panglima TNI periode 2021-2022 Jenderal (Purn) Andika Perkasa mengisi kuliah umum di Kampus UI Salemba, Jakarta, Selasa (8/8).
Button AI Summarize

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eriko Sotarduga menyebutkan nama Andika Perkasa menjadi salah satu kandidat calon Gubernur Jakarta yang akan diusung partainya. Nama mantan Panglima TNI masuk dalam jajalan kandidat potensial bersama Djarot Syaiful Hidayat dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. 

"Tapi ini perbincangan kami, sekali lagi ini masih perbincangan kami," ujar Eriko di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis.

Selain nama Andika, Djarot dan Ahok, Eriko juga mengungkapkan ada nama mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Dia juga menyebut ada juga sosok anak muda dalam daftar 8 nama kandidat calon gubernur yang sudah dikantongi PDIP. 

Eriko menjelaskan Pilkada DKI Jakarta menarik lantaran Jakarta nantinya akan menjadi daerah khusus. Kendati demikian, semua nama kandidat nantinya akan diputuskan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Menurut Eriko setelah menjadi daerah khusus Jakarta akan memegang peranan baru di Tanah Air. Gubernur Jakarta yang baru harus bisa menjadikan Jakarta sentra baru setelah tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara. 

Selain itu kepala daerah yang baru dinilai harus bisa menyiapkan rancangan baru untuk Jakarta. “Apakah menjadi daerah MICE yang menarik, apakah menjadi daerah wisata yang menarik, bagaimana dengan polusinya, bagaimana dengan pembangunannya, bagaimana kalau ada bencana," ucap Eriko

Dia mengatakan PDIP masih akan melakukan survei serta menampung masukan dari tingkat bawah. Eriko menuturkan masih ada dua nama yang menjadi kejutan.

Komisi Pemilihan Umum sebelumnya telah menetapkan pemilihan kepala daerah akan digelar pada 27 November 2024. Adapun pendaftaran calon akan dibuka pada 27-29 Agustus 2024. Pilkada akan berlangsung serentak di seluruh Indonesia baik untuk pemilihan gubernur, bupati dan wali kota. 



Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...