Puing Helikopter Ditemukan, Presiden Iran Raisi Dilaporkan Meninggal

Ameidyo Daud Nasution
20 Mei 2024, 11:48
iran, ebrahim raisi, helikopter
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (kanan) berbincang dengan Presiden Iran Ebrahim Raeisi (kiri) di ruang delegasi, Gedung Nusantara V, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/5/2023).
Button AI Summarize

Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian dikabarkan meninggal akibat kecelakaan helikopter. Saat ini tim sudah menemukan puing helikopter yang jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur itu.

Seorang pejabat Iran mengatakan Raisi dan Menlu Iran tewas saat helikopter jatuh ketika melintasi wilayah pegunungan yang berkabut.

"Presiden Raisi, Menteri Luar Negeri, dan semua penumpang di helikopter meninggal dalam kecelakaan," kata seorang pejabat Iran dikutip dari Reuters, Senin (20/5).

Sedangkan kantor berita Iran, Mehr memastikan Raisi meninggal dalam kecelakaan tersebut. Dalam pemberitaan, mereka menyebut seluruh penumpang telah menjadi martir.

Sebelumnya, seorang pejabat Iran mengatakan helikopter yang ditumpangi Raisi dan Menlu Iran terbakar habis akibat kecelakaan.

Regu penyelamat juga kesulitan menembus lokasi kecelakaan sepanjang Minggu (19/5) malam. Tantangan lainnya adalah badai salju di wilayah tersebut.

"Tak ada tanda kehidupan yang terdeteksi dari seluruh penumpang," kata Kepala Palang Merah Iran Pirhossein Kolivand.

Pencarian helikopter Presiden Iran yang jatuh
Pencarian helikopter Presiden Iran yang jatuh (Youtube LiveNOW from FOX)

Sebelumnya, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) membenarkan temuan sumber panas yang terdeteksi oleh drone Turki seperti dikutip dari Kantor Berita Iran, Press TV, Senin (20/5). Temuan itu diduga puing-puing helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi.

Kantor Berita Turki Anadolu memberitakan bahwa drone Akinci berhasil mendeteksi sumber panas yang diyakini berasal dari puing-puing helikopter yang membawa Raisi. Tim evakuasi Iran sudah tiba di lokasi jatuhnya helikopter. 

Pada Minggu (19/5), media Iran melaporkan bahwa sebuah helikopter yang ditumpangi Presiden Raisi, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian beserta rekan-rekan mereka melakukan pendaratan keras di Iran barat laut. Menteri Dalam Negeri Iran Ahmad Vahidi lantas membenarkan kecelakaan tersebut.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...