Megawati Sindir Jokowi saat Sapa Andika Perkasa: Jangan Mbalelo ya

Mela Syaharani
24 Mei 2024, 18:13
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memberikan pidato di Rakernas V di Ancol, Jakarta, Jumat (24/5/2024).
Dok. PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memberikan pidato di Rakernas V di Ancol, Jakarta, Jumat (24/5/2024).
Button AI Summarize

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyapa mantan Panglima TNI Andika Perkasa secara khusus dalam pidato pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V. Megawati juga berpesan agar anggota partai tidak mebalelo atau membangkang. 

Awalnya, Megawati mengatakan Andika sudah bergabung dengan PDIP dan mengantongi Kartu Tanda Anggota (KTA). "Pak Andika ini kesengsem (tertarik) sama PDI Perjuangan lho. Sekarang KTA-nya PDI perjuangan lho," ujar Megawati saat Rakernas V PDIP di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (24/5).

Mendengar Megawati, Andika yang berseragam PDIP tampak tertawa dan menganggukkan kepala. Sedangkan para peserta Rakernas lainnya bersorak dan bertepuk tangan.

Megawati tampak heran dengan riuh tepuk tangan. "Kok banyak fans ya, jadi agak curiga," kata dia.

Kemudian Megawati mengingatkan Andika agar tak mengkhianati PDIP.  "Asal jangan mbalelo (membangkang) saja kapan-kapan ya," kata Megawati. 

Ruangan pun penuh sorak sorai para peserta Rakernas.   Pesan ini seolah sebagai sindiran kepada Presiden Joko Widodo yang mendapat cap mbalelo. 

Megawati kemudian bercanda, "biarin dah kedengaran sama semua nih. Aih gawat deehh," kata dia.

Sebelumnya, politikus senior PDI-P, Hendrawan Supratikno menyebut Presiden Joko Widodo sebagai kader yang mbalelo atau membangkang dan memberontak. "Diukur dari AD/ART Partai, Pak Jokowi masuk kategori kader mbalelo," kata Hendrawan dikutip dari Kompas.com, Kamis (2/5/2024).

PDIP menganggap Jokowi memberontak saat berseberangan dalam Pilpres 2024. Saat Pilpres, PDIP mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sedangkan Jokowi diduga kuat mendukung putra sulungnya, Gibran Rakabuming yang berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Jokowi tak mendapat undangan dalam Rakernas karena dianggap bukan lagi sebagai anggota PDIP. Begitu juga dengan Gibran.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, terlihat pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang duduk di deretan terdepan bersama Megawati. Ganjar terlihat mengenakan seragam PDIP berwarna merah, sedangkan Mahfud MD mengenakan pakaian batik.

Beberapa menteri kabinet dari PDIP tampah hadir seperti Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri PAN-RB Abdulah Azwar Anas, Menteri Sekretariat Kabinet Pramono Anung, Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Hadir juga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Acara ini juga dihadiri Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Wakil Ketua Umum Hanura Benny Rhamdani, dan Wakil Presiden Ke-6 RI Try Sutrisno. Tampak juga Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Reporter: Mela Syaharani
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...