Jokowi Resmikan Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan, Sambungkan Riau-Sumbar

Amelia Yesidora
31 Mei 2024, 15:35
tol, jokowi, bangkinang-pangkalan
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat peresmian Tol Bangkinang-Pangkalan, Riau, Jumat (31/5). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo telah meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang, ruas Bangkinang-Pangkalan, seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar pada Jumat (31/5). Di kesempatan yang sama, Kepala Negara juga meresmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Riau.

Tol yang mulai dibangun tahun 2019 ini memiliki panjang 24,7 kilometer. Adapun pembangunan tol ini menghabiskan dana Rp 4,8 triliun.

 "Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan tahap satu yaitu Bangkinang-Koto Kampar telah selesai dengan panjang 24,7 km yang kita bangun sejak tahun tahun 2019-2024," ujar Jokowi dalam sambutannya, dilansir dari laman resmi Sekretariat Presiden, Jumat (31/5).

Jokowi menjelaskan jalan tol ini adalah bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera. Presiden juga berharap pembangunan tiap ruas dan seksi jalanan terus berlanjut hingga akhirnya jalan dari Pekanbaru ke Padang tersambung seluruhnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga meresmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Riau. Hal ini mencakup pembangunan dan perbaikan 10 ruas jalan sepanjang total 63 km. Pembangunan dan perbaikan ini menelan anggaran Rp 369 miliar.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini kemudian meminta pemerintah daerah menyambungkan jalan tol dengan kawasan produktif. Mulai dari kawasan pertanian, perbebunan, dan pariwisata.

 “Sehingga kita bisa bersaing dengan negara-negara lain di dunia,” ujar Jokowi.

Dalam perhelatan kali ini, Jokowi ditemani oleh dua orang menteri yakni  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono.

Turut hadir juga Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Pj. Gubernur Riau S.F. Hariyanto, Anggota Komisi V DPR RI Syahrul Aidi Maazar, Pj. Bupati Kampar Hambali, Dirut Wika Agung Budi Waskito, dan Dirut Hutama Karya Budi Harto.

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...