Luhut Pastikan Pembangunan IKN Berlanjut meski Ada Pergantian Pimpinan

Ade Rosman
5 Juni 2024, 12:53
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) menyampaikan keterangan pers seusai Pertemuan Tingkat Menteri World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali, Selasa (21/5/2024).
ANTARA FOTO/Media Center World Water Forum 2024/Wahdi Septiawan/nym.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) menyampaikan keterangan pers seusai Pertemuan Tingkat Menteri World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali, Selasa (21/5/2024).
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tak ada masalah dalam proses pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurut Luhut, permasalahan di IKN menyangkut pimpinannya.

Hal itu, disampaikan Luhut saat rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR Rabu (5/6). Agenda rapat adalah membahas RKA Kementerian/Lembaga Kemenko dalam RAPBN ΤΑ 2025 dan rencana kerja Kementeran dan Lembaga tahun anggaran 2005. 

"Mengenai IKN, IKN itu tidak jadi masalah yang masalah yang jadi anunya pimpinannya," kata Luhut.

Luhut mengklaim, tak ada masalah yang melingkupi investasi atau pembangunan. Ia menyebut proses pembangunan di IKN masih berjalan sesuai dengan perencanaan. Meski begitu ia mengakui terdapat sejumlah kendala dalam pelaksanaannya. 

"Ya ada yang lambat sana-sini ya biasalah, dan memang banyak masalah yang lalu yang kami tuntaskan sekarang ini," kata dia.

Di sisi lain, Luhut optimistis dengan penunjukan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala Otorita IKN. Ia menyebut keputusan Jokowi sebagai langkah yang tepat.

Menurut Luhut dalam pelaksanaannya hingga kini pemerintah telah membebaskan tanah yang bermasalah sekitar 2.000 hektare. Ia yakin persoalan tanah tidak akan menjadi penghalang dalam pembangunan IKN. 

Sebelumnya, Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono resmi mengundurkan diri dari jabatannya pada Senin (3/6). Langkah serupa juga ditempuh Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, Presiden Joko Widodo telah menunjuk  Basuki Hadimuljono sebagai Pelaksana Tugas alias Plt Kepala Otorita IKN. Sementara Plt Wakil Otorita IKN diserahkan kepada Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli Antoni.

Keduanya mulai aktif mengemban tugas sebagai plt Kepala Otorita IKN dan Plt Wakil Kepala Otorita IKN lewat penerbitan keputusan presiden per hari ini, Senin (3/6). Basuki mengatakan akan bekerja optimal untuk memastikan pembangunan IKN berjalan sesuai rencana. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...