Survei KIC: RK Dipersepsi Lebih Pantas Pimpin Jabar Dibanding Jakarta

Ira Guslina Sufa
7 Juni 2024, 08:25
RK Jakarta
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berbincang dengan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie (kanan) dan Ketua Tim Kampanye Daerah Prabowo-Gibran untuk wilayah Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) pada acara pembekalan kepada calon kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada 2024 di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (21/11/2023).
Button AI Summarize

Survei terbaru yang dirilis Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan Ridwan Kamil (RK) dipersepsikan lebih pantas menjadi Gubernur Jawa Barat. Berdasarkan survei yang digelar pada 3-9 Mei terhadap 1.172 responden di Jawa Barat, nama RK berada di urutan teratas dengan 39.5% responden. 

Dalam survei yang dilakukan KIC menemukan nama Ridwan Kamil terpaut jauh dengan Dedi Mulyadi yang berada di urutan kedua. Dedi dipersepsikan oleh 18,1% responden pantas menjadi gubernur Jawa Barat diikuti oleh Alfiansyah Komeng dengan 16,7% suara. 

Nama lain yang juga dipersepsikan pantas menjadi gubernur Jawa Barat adalah Deddy Mizwar, Bima Arya, Atalia Praratya, UU Ruzhanul Ulum, Dede Yusuf. Dudung Abdurahman, dan Desy Ratnasari. Nama-nama ini dipersepsikan oleh 1% hingga 5% responden. Adapun nama lain mendapat suara di Bawah 1%. 

Saat responden ditanya penilaian terhadap kinerja RK selama menjadi gubernur Jawa Barat, sebanyak 88,3% menyatakan puas dengan rincian 30% sangat puas dan 58,3% puas. Hanya 11,7% yang tidak puas dengan kinerja RK selama menjadi gubernur Jawa Barat. 

Selain di Jawa Barat, nama RK juga muncul dalam persepsi tokoh yang pantas menjadi gubernur DKI Jakarta. Namun di Jakarta, nama RK tidak lebih moncer dibanding tokoh lain. 

Di Jakarta, KIC melakukan survei terhadap 1.054 responden. Di Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dipersepsikan paling pantas menjadi gubernur dengan suara 33,2%. Di bawahnya ada Anies Rasyid Baswedan dengan 25,4%. Sedangkan Ridwan Kamil berada di urutan ketiga dengan 20% suara. 

Nama-nama lain di Jakarta dipersepsikan oleh kurang dari 6% responden antara lain Ahmad Sahroni, Sandiaga Salahuddin Uno, Tri Rismaharini, Kaesang Pangarep, Rano Karno dan Heru Budi Hartono. Tokoh lain yang mendapat suara di Bawah 1% antara lain Dharma Pongrekun, Ahmad Riza Patria, Ahmed Zaki Iskandar, dan Wibi Andrino. 

Ridwan Kamil saat ini sudah mendapat mandat dari partai Golkar untuk maju di Pilkada. Namun, wakil ketua umum golkar itu mendapat penugasan untuk maju di Jawa Barat dan Jakarta. Adapun RK dalam berbagai kesempatan menyatakan lebih nyaman bila kembali maju di Jawa Barat. 

Adapun, survei online persepsi publik terhadap pilkada di delapan provinsi dilakukan dengan menggunakan platform data collection tSurvey yang mampu menjangkau responden secara akurat dengan memanfaatkan kapabilitas telco data insight Telkomsel. Survei dilakukan pada tanggal 3-9 Mei 2024.

Responden survei secara keseluruhan di 8 provinsi adalah 7.864. Sedangkan di Banten melibatkan 885 responden berusia >17 tahun yang memiliki nomor handphone populasi tSurvey yang berbasis telco data insight Telkomsel. Responden survei ini berjumlah total 7.864 responden untuk 8 provinsi dengan margin of error +/-1.1% pada tingkat kepercayaan 95%.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...