Jokowi - Prabowo Upacara HUT RI di IKN, Ma'ruf - Gibran di Jakarta

Muhamad Fajar Riyandanu
10 Juni 2024, 12:50
ikn, jokowi, prabowo
Katadata
Presiden Joko Widodo bersama Menhan Prabowo Subianto saat proyek renovasi Rumas Sakit Pusat Pertahanan Negara di Jakarta, Senin (19/2). Foto: M Fajar Riyandanu
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dipastikan bakal mengikuti rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka akan mengikuti seluruh rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka Jakarta.

Keputusan tersebut merupakan hasil rapat terbatas yang digelar oleh Jokowi dan para menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (10/6).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan, Presiden Jokowi akan bertindak sebagai pemimpin upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di IKN.

"Nanti wapres terpilih akan mendampingi wapres, sedangkan presiden terpilih akan mendampingi presiden," kata Muhadjir saat ditemui seusai rapat.

Wapres terpilih temui Ma
Wapres terpilih temui Ma (ANTARA FOTO/HO/Setwapres-Kevin/IES/wpa.)

Menurut Muhadjir, para kepala lembaga dan menteri Kabinet Indonesia Maju juga akan dibagi untuk mengikuti upacara kemerdekaan di IKN dan Jakarta. Kendati demikian, pemerintah belum menentukan daftar penugasan kepada pejabat mana saja yang akan ikut upacara kemerdekaan di IKN dan Jakarta.

"Kemungkinan akan dipecah menjadi dua," ujarnya.

Pemerintah juga sepakat untuk menggelar apel kehormatan dan renungan suci di dua lokasi, yakni di Taman Makan Pahlawan (TMP) Nasional Kalibata Jakarta dan IKN Memorial Park.

Kegiatan apel kehormatan dan renungan suci di TMP Kalibata dan IKN Memorial Park akan digelar pada 17 Agustus 2024 dini hari yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kesiapan Transportasi

Muhadjir mengatakan infrastruktur transportasi bandar udara (Bandara) dan jalan tol di IKN  siap mendukung perayaan HUT Ke-79 kemerdekaan Indonesia di bandar baru. Pembangunan bandara IKN dimulai dengan peletakan batu pertama alias groundbreaking pada 1 November 2023 lalu.

Bandara yang dibangun di lahan seluas 347 hektare (ha) ini ditargetkan bisa beroperasi terbatas pada Juni 2024 dan beroperasi penuh pada Desember 2024. Bandar Udara IKN memiliki panjang landas pacu 3.000 meter, dan lebar landas pacu 45 meter serta fasilitas terminal seluas 7.350 meter persegi.

Desain terminal bandara mengusung nuansa Rumah Panjang atau rumah suku dayak, burung rangkong, dan lukisan garis lengkung khas Kalimantan. Adapun lapangan terbang itu berjarak 23 kilometer dari titik 0 IKN.

"Untuk bandara kepastiannya di akhir Juli dipastikan berfungsi, sehingga para tamu tidak harus lebih dulu ke Balikpapan," kata Muhadjir.

Realisasi investasi di IKN capai Rp47,5 triliun
Realisasi investasi di IKN capai Rp47,5 triliun (ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga/rwa.)

Adapun jalan tol yang akan menghubungkan IKN Nusantara dengan Balikpapan dan Samarinda ditargetkan rampung pada awal Agustus 2024. Adanya infrastruktur transportasi itu dipercaya dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Balikpapan menuju IKN akan menjadi 30 menit dari sebelumnya 2 jam.

Selain sejumlah pejabat tertentu, para duta besar juga akan diarahkan untuk mengikuti upacara kemerdekaan di IKN. Muhadjir mengatakan para dubes tidak tidak akan menginap di IKN dalam rangkaian upacaya kemrdekaan.

"Ada kemungkinan para dubes juga upacara di IKN, mereka tidak menginap. Selesai acara, langsung balik," ujarnya.

Sebelumnya, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia atau PHRI menyebut, belum ada hotel yang beroperasi di IKN Nusantara hingga 17 Agustus 2024. Asosiasi memproyeksikan para peserta upacara akan bermalam di Balikpapan dan Samarinda sebelum ke IKN pada pagi peringatan Hari Kemerdekaan.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...