PAN Rayu Jokowi Setuju Kaesang Dampingi Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

Muhamad Fajar Riyandanu
14 Juni 2024, 13:52
PAN
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kedua kiri), dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) memberikan keterangan pers usai menghadiri acara Silaturahmi Ramadhan 1444 H DPP PAN di Kantor DPP PAN, Jakarta, Minggu (2/4/2023).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas mengatakan terus merayu Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar merestui Kaesang Pangarep untuk ikut dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta tahun ini. Menurut Zulhas, kehadiran Kaesang di Pilgub Jakarta dapat mengunci kemenangan dan berdampak positif bagi partai politik pengusung nantinya.

Keterpilihan Kaesang menurut Zulhas menjadi daya tarik partai-partai di pilkada Jakarta. Di sisi lain Jokowi sebelumnya pernah menolak putra bungsunya itu maju pemilihan gubernur dan wakil gubernur lantaran usia yang masih muda. 

“Waktu itu saya lapor ke Pak Presiden kalau Kaesang maju boleh tidak? Pak Presiden bilang jangan. Tapi kan partai-partai perlu agar bisa menang,” ujar Zulhas di Istana Merdeka Jakarta pada Jumat (14/6).

PAN juga telah menyodorkan sosok Ridwan Kamil kepada anggota partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk berlaga ke Pilgub Jakarta. Selain PAN, Zulhas mengatakan Golkar sudah bulat mendukung Ridwan Kamil. 

“Ya, saya mengusulkan Ridwan Kamil di Jakarta, semua setuju,” ujar Zulhas.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan sosok Ridwan Kamil memang dipersiapkan untuk maju dalam pemilihan kepala daerah tahun ini. “Pokoknya Ridwan Kamil dipersiapkan untuk melawan siapapun lawannya,” kata Airlangga.

Dia juga mengaku telah mempelajari peluang untuk menduetkan Ridwan Kamil dan Kesang sebagai pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Jakarta. “Ya itu masih kami pelajari seluruhnya,” ujarnya.

KIM merupakan kumpulan partai politik yang mengusung pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. KIM beranggotakan Partai Gerindra, Partai Golkar, dan Partai Demokrat. Koalisi tersebut juga berisi sejumlah partai non parlemen seperti Partai Bulan Bintang, PSI, Partai Gelora, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...