Pemerintah Pastikan Air di IKN Tersedia saat Upacara Kemerdekaan RI

Muhamad Fajar Riyandanu
14 Juni 2024, 17:48
Air di IKN Nusantara
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Proyek pembangunan Istana Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajem Pasert Utara, Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023).
Button AI Summarize

Pemerintah menjamin ketersediaan air saat pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Cipta Karya PUPR Diana Kusumawati. 

Menurut Diana, sumber air IKN tahap awal akan dialirkan dari Intake Bendungan Sepaku Semoi. Pasokan air tersedia dengan kapasitas 300 liter per detik yang terletak di Desa Sukaraja.

"Sekarang baru 300 liter per detik, besok kami nambah lagi 350 liter per detik dari Sepaku Semoi," kata Diana di Istana Merdeka Jakarta pada Jumat (14/6).

Dia mengatakan fasilitas Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku ditargetkan beroperasi pada Awal Juli ini. SPAM tersebut terdiri dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) berkapasitas sebesar 300 liter per detik, Jaringan Perpipaan Transmisi Air Minum serta Jaringan Distribusi Utama (JDU) dan Jaringan Distribusi Pembagi (JDP). 

“Insyaallah sudah Juli nanti ya," ujar Diana.

Selain fasilitas penyediaan air, capaian kesiapan infrastruktur pendukung upacara kemerdekaan secara keseluruhan telah mencapai rerata 70%. Menurut Diana, progres pembangunan Kantor Presiden sudah di atas 84% dan terus dikebut untuk mengejar acara Zikir Nasional pada 1 Agustus mendatang. Lebih jauh, Diana memprediksi lapangan upacara IKN sanggup menampung 4.000 perserta saat perayaan HUT ke-79 Indonesia.

Presiden Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dipastikan bakal mengikuti rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara IKN Nusantara

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka akan mengikuti seluruh rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka Jakarta.

Pemerintah juga sepakat untuk menggelar apel kehormatan dan renungan suci di dua lokasi, yakni di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kalibata Jakarta dan IKN Memorial Park.

Kegiatan apel kehormatan dan renungan suci di TMP Kalibata dan IKN Memorial Park akan digelar pada 17 Agustus 2024 dini hari yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.



Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...