Profil Sohibul Iman, Calon Gubernur Diusung PKS di Pilkada Jakarta

Ira Guslina Sufa
24 Juni 2024, 10:49
PKS
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Presiden Partai PKS Sohibul Iman (kanan) diwawancara wartawan usai bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/3/2020).
Button AI Summarize

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur Daerah Khusus Jakarta di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Sohibul saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS.

Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri mengatakan Sohibul merupakan figur yang memiliki integritas dan kapasitas untuk menjadi gubernur Jakarta. Ia pernah memimpin PKS pada periode 2015-2020. Di bawah kepemimpinannya, PKS mengalami peningkatan suara dan kursi secara signifikan dari 8,46 juta suara (6,77%) pada 2014 menjadi 11,49 juta suara (8,21%) pada 2019. 

“Artinya beliau memiliki kepemimpinan yang teruji dalam membawa PKS naik kelas. Beliau juga memiliki jejak yang panjang di dunia politik,” ujar Ahmad seperti dikutip Senin (24/6). 

Pada pemilu 2024, PKS mendapatkan suara sebesar 1.012.028 atau sekitar 16,68% dari total 6.067.241 suara sah.  Dengan perolehan itu PKS  menambah 2 kursi menjadi 18 kursi dari 16 kursi pada periode 2019-2024. Meski begitu PKS belum bisa mengusung calon sendiri dan harus berkoalisi dengan partai lantaran belum memenuhi minimal 22 kursi DPRD. 

Sebelum terjun di dunia politik, Sohibul Iman juga dikenal sebagai seorang teknokrat dan cendekiawan Muslim. Ia lama berkecimpung dalam bidang teknologi di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kementerian Riset dan Teknologi. Ia pernah menjadi rektor Universitas Paramadina, dan memimpin berbagai lembaga nirlaba yang fokus pada pengembangan inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia strategis.

“Pak Sohibul Iman ini figur yang tepat untuk memimpin Jakarta. beliau adalah perpaduan antara seorang birokrat yang handal, politisi yang mumpuni, dan intelektual yang disegani di dunia pendidikan,” tutup Mabruri. 

Sejak 2009 Sohibul menjadi anggota Fraksi PKS DPR dari daerah pemilihan DKI 2 yang meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri. Saat pertama menjadi legislator ia menjadi Wakil Ketua Komisi XI bidang keuangan. Ia kemudian  diamanahi menjadi Wakil Ketua Fraksi PKS bidang ekonomi, keuangan, industri, dan teknologi dan menjadi anggota Badan Akuntabilitas Keuangan Negara DPR RI.

Sosok Sohibul Iman Berlatar Insinyur  

Sebelum menjadi legislator beliau sudah berpengalaman dalam beragam profesi dengan spesialisasi dalam bidang kebijakan teknologi dan industri dan manajemen inovasi dan pengetahuan. Ia juga pernah menjadi konsultan untuk lembaga teknologi pemerintah, dan perguruan tinggi. 

Selain di BPPT ia juga pernah bekerja menjadi abdi negara di Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional. Ia banyak menangani proyek penelitian terutama terkait kebijakan teknologi dan industri, selain juga terlibat pada program reformasi, restrukturisasi, dan revitalisasi lembaga.

Sohibul menempuh pendidikan tinggi di Jepang mulai dari sarjana hingga doktor. Gelar doktor ia raih di Graduate School of Knowledge Science, Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST). Ia juga aktif di sejumlah organisasi seperti Institute for Science and Technology Studies, Yayasan Pendidikan Nurul Fikri, Hokuriku Scientific Forum, Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia dan Yayasan Inovasi Teknologi. 

Sohibul mulai bergabung dengan PKS sejak 1998 ketika masih bernama Partai Keadilan dan menjabat Ketua Departemen IPTEK-LH DPP PK. Selanjutnya sejak 2005 hingga 2010 menjabat Ketua DPP PKS bidang ekonomi, keuangan, industri, dan teknologi. 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...