NasDem Ikut Koalisi Prabowo Dukung Bobby Nasution di Pilkada Sumut

Ira Guslina Sufa
24 Juni 2024, 16:20
nasdem
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.
Wali Kota Medan Bobby Nasution memberi salam dari dalam mobil usai melakukan pertemuan tertutup dengan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (6/11/2023).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh memastikan partainya akan mengusung Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk maju menjadi bakal calon gubernur (cagub) dalam Pilkada Sumatera Utara (Sumut) 2024. Pilihan NasDem ini sama dengan yang telah ditetapkan oleh partai pendukung Prabowo Subianto yaitu Gerindra dan Golkar. 

Menjelang pelaksanaan Pilkada Bobby yang pada pemilihan wali kota Medan diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah berlabuh menjadi kader Gerindra. Selain mendapat kartu anggota, ia juga mendapat surat rekomendasi resmi untuk maju di Pilkada Sumatera Utara. Bobby juga telah mengantongi dukungan dari Partai Golkar. 

Surya Paloh mengatakan meski telah pasti mengusung Bobby NasDem tidak akan ikut menyodorkan nama calon wakil gubernur yang akan mendampingi Bobby. Ia mempersilakan kepada menantu Presiden Joko Widodo itu untuk menentukan sosok wakilnya.

"Pokoknya cari siapa yang paling baik, jalan saja kan," ujar Surya Paloh di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (24/6). 

Menurut Surya Paloh dalam memberikan dukungan di Pilkada, NasDem mempertimbangkan dua faktor. Pertimbangan itu merujuk pada kapabilitas atau kemampuan serta faktor elektabilitas atau tingkat keterpilihan.

Ia pun mengatakan bahwa NasDem tidak akan selalu berpatokan untuk mengusung kadernya sendiri dalam Pilkada. Dia memastikan partainya bakal mencari sosok terbaik meski bukan dari NasDem, termasuk di Pilkada Jakarta.

Baru-baru ini, Bobby telah mendapatkan dukungan dari Partai Golkar yang secara resmi menyerahkan surat dukungan untuk maju sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Sumut 2024. Di saat yang bersamaan, Partai Golkar pun menyodorkan satu nama yakni Sekar Tandjung untuk menjadi wakil dari Bobby.

 Selain Golkar, Bobby pun telah mendapatkan dukungan dari Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN). Adapun PDIP dipastikan tidak akan mendukung Bobby dalam Pilkada nanti.

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...