BMKG Prakirakan Sebagian Wilayah RI Hujan, Jakarta Cerah Berawan

Image title
Oleh Antara
25 Juni 2024, 07:29
Petugas melakukan pengecekkan suhu melalui sangkar meteorologi di Laboratorium Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Cut Nyak Dien Meulaboh Nagan Raya, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya, Aceh, Senin (13/5/2024). BMKG men
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.
Petugas melakukan pengecekkan suhu melalui sangkar meteorologi di Laboratorium Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Cut Nyak Dien Meulaboh Nagan Raya, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya, Aceh, Senin (13/5/2024). BMKG menetapkan 14 daerah di Indonesia berstatus waspada dampak cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan dan Papua Pegunungan.
Button AI Summarize

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini berupa potensi hujan ringan, sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di berbagai kota besar di Indonesia pada Selasa (25/6)

Dikutip dari laman resmi BMKG di Jakarta, beberapa kota besar yang diprakirakan berpotensi dilanda hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yakni Medan, Serang, Tanjung Selor, Mamuju, Ambon.

Sementara itu, BMKG memprakirakan beberapa kota besar lainnya akan mengalami hujan ringan hingga sedang, yaitu Tanjung Pinang, Bengkulu, Bandar Lampung, Pangkal Pinang, Bandung, Mataram, Palangkaraya, Samarinda, Manado, Gorontalo, Palu, Kendari, Ternate, Manokwari.

Sementara itu, beberapa kota besar diprakirakan hanya akan mengalami kondisi berawan pada hari ini, meliputi Banda Aceh, Pekanbaru, Padang, Jambi, Palembang, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Kupang, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, Makassar, Jayapura.

DKI Jakarta Berawan

Sementara untuk DKI Jakarta, BMKG memprakirakan seluruh wilayah akan mengalami kondisi cuaca berawan tebal pada pagi hingga siang hari. Kemudian pada malam hari, seluruh wilayah DKI mengalami kondisi cerah berawan.

BMKG juga mengimbau masyarakat di beberapa wilayah dengan kategori sangat mudah terbakar agar tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok di sembarang tempat, antara lain sebagian kecil Sumatera, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, sebagian besar Kalimantan kecuali Kalimantan Selatan dan Maluku bagian tenggara.

Adapun untuk prakiraan tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia, BMKG memprakirakan umumnya berada di kisaran 0,5 hingga 2,5 meter. BMKG juga memberikan imbauan waspada potensi banjir rob di wilayah pesisir Sumatera Utara, Banten, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir Jawa Timur, dan Ambon.



Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...