Progres Infrastruktur IKN Menjelang Upacara Kemerdekaan

Muhamad Fajar Riyandanu
27 Juni 2024, 14:38
IKN Nusantara
Miyuaja/Twitter
IKN Nusantara
Button AI Summarize

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan beberapa infrastruktur menjelang upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Fasilitas publik yang terus dikejar penyelesaiannya antara lain Istana Kepresidenan, Lapangan Upacara, IKN Memorial Park, Hotel Nusantara, jaringan air, dan infrastruktur transportasi jalan tol serta bandar udara (bandara).

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumawati menguraikan, ketersediaan fasilitas air minum dan Istana Kepresidenan akan rampung dan dapat digunakan pada akhir Juli mendatang.

Diana mengatakan Presiden Jokowi akan mulai menempati Istana Kepresidenan paling lambat pada Juli. Selain presiden, sejumlah menteri juga akan tinggal di IKN bersama presiden menjelang pelaksanaan upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia. Satu diantara yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Untuk kantor presiden kami siapkan Juli bisa ditempati. Kemudian Pak Basuki nanti juga akan tinggal di IKN bersama presiden. Mudah-mudahan sesuai rencana," kata Diana kepada wartawan seusai meresmikan pembangunan Gedung Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada Kamis (27/6).

Selain itu, bangunan yang ditargetkan rampung pada Juli adalah Bilah Selubung Garuda Istana Kepresidenan IKN. Adapun fasilitas penginapan Hotel Nusantara ditargetkan siap beroperasi pada awal Agustus. "Mudah-mudahan nanti bisa digunakan secara keseluruhan bangunan-bangunan yang sudah ada di sana," ujar Diana.

Berikut uraian singkat daftar infrastruktur prioritas yang disiapkan untuk upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia:

1. Istana Kepresidenan

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga mencatat perkembangan konstruksi Istana Kepresidenan kini 73%. Sedangkan konstruksi Kantor Presiden telah mencapai 89,99% hingga 14 Juni 2024.

Ia menargetkan konstruksi kompleks Istana Kepresidenan mencapai 95% pada Agustus 2024. Jaringan listrik dan fungsi-fungsi mekanis di Kompleks Istana Kepresidenan sudah dapat berfungsi penuh pada saat itu.

Danis mencatat 5% pekerjaan konstruksi yang belum selesai saat itu adalah penyelesaian beautifikasi dan pemasangan tanaman di sekitar Kompleks Istana Kepresidenan. Adapun pemasangan bilah sayap garuda yang menjadi bagian Istana Kepresidenan akan selesai dipasang pada rentang 23-27 Juni 2024.

Total bilah sayap garuda yang dipasang di Istana Kepresidenan mencapai 4.650 unit. Danis menyampaikan, Istana Kepresidenan dan Kantor Presiden telah didesain dengan konsep bangunan pintar dan bangunan hijau.

2. IKN Memorial Park

Pembangunan Taman Memorial atau Memorial Park di IKN menelan biaya mencapai Rp 361 miliar. Memorial Park ini ditargetkan rampung seluruhnya pada Desember 2024. Pembangunan Memorial Park di IKN merupakan monumen penghormatan bagi para pahlawan bangsa.

Sosok dwi tunggal Soekarno dan Mohammad Hatta diwujudkan dalam patung dengan cangkang telur dan burung garuda setinggi 18 meter yang mengisahkan tentang semangat dan pemikiran keduanya dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

IKN Memorial Park dibangun oleh Nindya Karya - Penta KSO di atas lahan 2.034 meter persegi, yang terdiri dari area altar seluas 1.690 m2 dan akses tangga 344 m2 serta dilengkapi dengan infrastruktur jalan dan lanskap.

Pemerintah telah menetapkan IKN Memorial Park sebagai lokasi untuk menggelar apel kehormatan dan renungan suci pada 17 Agustus 2024 dini hari. Ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

3. Jaringan Fasilitas Air

Sumber air IKN tahap awal akan dialirkan dari Intake Bendungan Sepaku Semoi. Pasokan air tersedia dengan kapasitas 300 liter per detik yang terletak di Desa Sukaraja. "Sekarang baru 300 liter per detik, besok kami nambah lagi 350 liter per detik dari Sepaku Semoi," kata Diana di Istana Merdeka Jakarta pada Jumat (14/6).

Dia mengatakan fasilitas Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku ditargetkan beroperasi pada Awal Juli ini. SPAM tersebut terdiri dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) berkapasitas sebesar 300 liter per detik, Jaringan Perpipaan Transmisi Air Minum serta Jaringan Distribusi Utama (JDU) dan Jaringan Distribusi Pembagi (JDP).

4. Hotel Nusantara

Hotel Nusantara dirancang memiliki 191 kamar. Hotel tersebut diharapkan beroperasi penuh pada Agustus 2024. Hotel ini akan dikelola oleh Swissôtel di bawah jaringan internasional Accorhotels. Pembangunan hotel bintang lima ini merupakan merupakan bagian dari inisiatif investasi Agung Sedayu Group (ASG) dan konsorsium mitranya.

5. Akses Transportasi

Infrastruktur transportasi bandar udara (Bandara) dan jalan tol di IKN siap mendukung perayaan HUT Ke-79 kemerdekaan Indonesia di bandar baru. Pembangunan bandara IKN dimulai dengan peletakan batu pertama alias groundbreaking pada 1 November 2023 lalu.

Bandara yang dibangun di lahan seluas 347 hektare (ha) ini ditargetkan bisa beroperasi terbatas pada Juni 2024 dan beroperasi penuh pada Desember 2024. Bandar Udara IKN memiliki panjang landas pacu 3.000 meter, dan lebar landas pacu 45 meter serta fasilitas terminal seluas 7.350 meter persegi.

Desain terminal bandara mengusung nuansa Rumah Panjang atau rumah suku dayak, burung rangkong, dan lukisan garis lengkung khas Kalimantan. Adapun lapangan terbang itu berjarak 23 kilometer dari titik 0 IKN.

Adapun jalan tol yang akan menghubungkan IKN Nusantara dengan Balikpapan dan Samarinda ditargetkan rampung pada awal Agustus 2024. Adanya infrastruktur transportasi itu dipercaya dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Balikpapan menuju IKN akan menjadi 30 menit dari sebelumnya 2 jam.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...