Partai Pendukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut Bertambah, Terbaru PKB

Ameidyo Daud Nasution
4 Juli 2024, 18:50
bobby nasution, pkb, oukgub sumut
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.
Wali Kota Medan Bobby Nasution memberi salam dari dalam mobil usai melakukan pertemuan tertutup dengan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (6/11/2023).
Button AI Summarize

Daftar partai pengusung Bobby Nasution untuk maju di Pemilihan Gubernur Sumatra Utara terus bertambah. Hari ini, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengumumkan dukungan mereka kepada menantu Presiden Joko Widodo itu untuk maju di Pilgub Sumut.

Dukungan resmi diberikan dengan Surat Keputusan yang diterbitkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB. Penyerahan dilakukan oleh Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid kepada Bobby di kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (4/7).

"Menetapkan Mas Muhammad Bobby Afif Nasution sebagai calon Gubernur Sumatra Utara," kata Jazilul dikutip dari Antara.

Jazilul menjelaskan alasan PKB mengusung Bobby karena pengalaman sebagai Wali Kota Medan. Ia berharap, Bobby bisa memiliki calon Wakil Gubernur dari unsur perempuan.

"Kalau bisa dari unsur perempuan, tokoh di Sumatra Utara apakah dari ormas, partai politik, atau yang lain," katanya.

Bobby juga mengamini permintaan PKB. Ia akan mencari cawagub perempuan untuk fokus meningkatkan kualitas sumber daya manusia di provinsi tersebut. "Isu ini sentral untuk membangun SDM yang unggul untuk mencapai Indonesia Emas 2045," katanya.

Daftar Partai Pengusung

PKB jadi partai terbaru yang memastikan dukungannya kepada Wali Kota Medan tersebut. Lima partai sebelumnya yang telah menyatakan dukungan adalah:

1. Partai Gerindra
2. Partai Golkar
3. Partai Demokrat
4. Partai Nasdem
5. Partai Amanat Nasional

Jazilul juga menyinggung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai salah satu partai pengusung Bobby. Meski demikian,  Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP Achmad Baidowi membantah kabar tersebut. "Belum," katanya dalam pesan singkat kepada Katadata.co.id.

Pada pertengahan Juni 2024, Bobby resmi mendapatkan dukungan dari Partai Golkar. Dukungan diberikan usai ia bertemu dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Golkar Sumut Musa Rajekshah.

Di bulan yang sama, Bobby resmi mendapatkan dukungan dari Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh untuk maju di Pilkada Sumut. Surya juga membebaskan Bobby menentukan cawagubnya.

"Cari siapa yang paling baik, jalan saja," kata Surya pada 24 Juni 2024.

Bobby juga telah resmi menjadi kader Partai Gerindra pada 20 Mei 2024 lalu. Pada saat yang sama Bobby juga mendaftar sebagai Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara pada tim penjaringan Partai Gerindra.

"Saya mendapat kesamaan dengan visi dan misi Gerindra," ujar Bobby dalam konferensi pers seperti dikutip Selasa (21/5).

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...