BMKG Perkirakan Hujan Ringan hingga Petir Melanda DKI Jakarta Hari Ini

Image title
7 Juli 2024, 10:04
hujan
ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/Spt.
Ilustrasi, warga antre untuk berfoto saat awan mendung di Sky Deck Halte Transjakarta Bundaran HI, Jakarta, Kamis (4/7/2024).
Button AI Summarize

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah DKI Jakarta masih akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga hujan petir pada Minggu (7/7).

Mengutip laman resmi BMKG, sebagian wilayah DKI Jakarta pada pagi hari seperti Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara diperkirakan cerah berawan. Sedangkan Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu diperkirakan berawan.

Namun, memasuki siang hari Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur diperkirakan akan mengalami hujan ringan, Jakarta Selatan diperkirakan hujan sedang. Sementara, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diperkirakan hujan petir. Lalu, malam hari wilayah Jakarta diperkirakan berawan.

Suhu udara pada hari ini di Jakarta diperkirakan berada pada kisaran minimum 23-31 0C, dengan tingkat kelembaban udara berada pada kisaran 70-100%. Suhu udara berkisar 23-31 0C dengan kelembaban 70-95% terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Sedangkan, suhu di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara berkisar antara 24-30 0C dengan kelembapan udara 70-100%. Lalu, suhu di Kepulauan Seribu berkisar antara 25-29 0C dengan kelembapan udara 75-95%.

Sepanjang Sabtu (6/7), wilayah DKI Jakarta telah diguyur hujan lebat, yang membuat beberapa wilayah terendam banjir. Bahkan, banjir masih merendam sedikitnya empat rukun tetangga (RT) di Jakarta Barat dengan ketinggian air sekitar 30-60 centimeter (cm) pada Minggu pagi.

"Banjir saat ini masih terjadi di empat RT atau 0,013% dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, dilansir dari Antara.

Isnawa mengatakan hujan lebat yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu (6/7) menyebabkan adanya genangan dan kenaikan status pintu air. Dari empat RT yang terdampak banjir, tiga RT berada di Kelurahan Kedaung Kali Angke dengan ketinggian 30 cm yang disebabkan curah hujan tinggi dan luapan Kali Angke.

Sementara, satu RT lainnya yang masih banjir terletak di Kelurahan Rawa Buaya dengan ketinggian 60 cm dengan penyebab serupa. Kendati demikian, setidaknya 18 RT di Jakarta Utara, Barat, Selatan dan Timur sudah surut dan dapat dilewati oleh pengguna jalan.

Hujan yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu (6/7) menyebabkan kenaikan debit air sungai di sejumlah pintu air. BMKG mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir atau rob pada 3-9 Juli akibat fenomena fase bulan baru pada 6 Juli 2024. Fenomena tersebut berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum berupa rob di wilayah pesisir utara Jakarta.

Pintu air Karet menjadi Siaga 3 atau Waspada pada pukul 15.00 WIB, Pos Pantau Angke Hulu menjadi Siaga 3pada pukul 14.00 WIB, kemudian menjadi Siaga 2 pada pukul 17.00 WIB dan menjadi Siaga 1 (Bahaya) pada pukul 19.00 WIB.

Selain itu, Pos Pantau Sunter Hulu menjadi Siaga 3 (Waspada) pada pukul 15.00 WIB, kemudian menjadi Siaga 2 (Siaga) pada pukul 17.00 WIB, dan Pintu Air Pulo Gadung menjadi Siaga 3 (Waspada) pada Pukul 15.00 WIB.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...