Waspada, Jakarta Diprediksi Diguyur Hujan Besar Hari Ini

Ameidyo Daud Nasution
8 Juli 2024, 09:01
jakarta, hujan, banjir
ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/Spt.
Sejumlah warga menggunakan payung saat turun hujan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Kamis (4/7/2024).
Button AI Summarize

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Jakarta dan kota besar lainnya bakan diguyur hujan pada Senin (8/7). Jakarta diperkirakan akan dilanda hujan besar disertai petir.

Kondisi serupa diprediksi terjadi di Jambi, Pangkal Pinang (Bangka Belitung), dan Manado (Sulawesi Utara). Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan potensi dampak bencana akibat hujan bisa saja terjadi.

"Dipicu oleh adanya beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif berada di wilayah Indonesia," kata Guswanto di Jakarta, Senin (8/7) dikutip dari Antara.

Hujan dengan intensitas sedang diperkirakan akan terjadi di Pontianak, Ambon, dan Kendari. Sedangkan hujan intensitas ringan diprediksi mengguyur Serang, Gorontalo, Semarang, Bandung, Banjarmasin, Samarinda, Makassar, Medan, hingga Palembang.

Adapun cuaca Kota Denpasar, Yogyakarta, Palangka Raya, Padang, dan Jayapura kemungkinan akan berawan hari ini.

Sebelumnya BMKG menjelaskan, potensi dampak bencana akibat hujan di sejumlah wilayah Indonesia yang masih tinggi bisa saja terjadi, meskipun sebenarnya mulai memasuki musim kemarau.

"Jadi alangkah baiknya hujan yang masih ada ini dimanfaatkan untuk menabung air supaya memiliki cadangan saat puncak musim kemarau melanda wilayah Indonesia nantinya," kata Guswanto dikutip dari Antara.

Potensi peningkatan hujan dipicu oleh adanya beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif di Indonesia, yakni fenomena Madden Julian Oscillation atau MJO, gelombang ekuatorial Rossby Kelvin hingga pola sirkulasi siklonik dan La Nina yang memperkuat potensi pembentukan awan penghujan.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...