Kualitas Udara Jakarta Terburuk Keempat Dunia Pagi Ini

Image title
9 Juli 2024, 10:03
jakarta, polusi, udara
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/wpa.
Suasana polusi udara yang menyelimuti kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jakarta, Sabtu (15/6/2024).
Button AI Summarize

Kualitas udara Jakarta masuk kategori tidak sehat pada Selasa (9/7) pagi. Jakarta juga menduduki posisi ke-4 sebagai kota dengan udara terburuk di dunia pagi ini.

Berdasarkan situs pemantau kualitas udara IQAir pada pukul 09.29 WIB, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta berada di angka 153, atau masuk dalam kategori tidak sehat. Rinciannya: udara Jakarta mengandung polusi PM2,5 dan nilai konsentrasi 38,5 mikrogram per meter kubik.

Kategori tidak sehat, yakni kualitas udaranya tidak sehat bagi kelompok sensitif. Kualitas udara kategori ini dapat merugikan manusia ataupun kelompok hewan yang sensitif atau bisa menimbulkan kerusakan pada tumbuhan ataupun nilai estetika dengan rentang PM2,5 sebesar 100 lebih.  

Adapun kategori sedang, yakni kualitas udaranya yang tidak berpengaruh pada kesehatan manusia ataupun hewan tetapi berpengaruh pada tumbuhan yang sensitif dan nilai estetika dengan rentang PM2,5 sebesar 51-100.

Kategori baik, yakni tingkat kualitas udara yang tidak memberikan efek bagi kesehatan manusia atau hewan dan tidak berpengaruh pada tumbuhan, bangunan ataupun nilai estetika dengan rentang PM2,5 sebesar 0-50.

Lalu, kategori sangat tidak sehat dengan rentang PM2,5 sebesar 200-299 atau kualitas udaranya dapat merugikan kesehatan pada sejumlah segmen populasi yang terpapar. Terakhir, berbahaya (300-500) atau secara umum kualitas udaranya dapat merugikan kesehatan yang serius pada populasi.

Selain Jakarta, terdapat dua kota di Indonesia yang masuk dalam 30 besar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Kota tersebut adalah Batam dan Medan yang masing-masing menempati posisi 23 dan 25 dengan AQI sebesar 68 dan 67.

Kota dengan kualitas udara terburuk urutan pertama yaitu urutan Baghdad (Iraq) di angka 180, urutan kedua Kinshasa (Kongo) di angka 174 dan urutan ketiga Cairo (Mesir) di angka 154. Urutan kelima Santiago (Chile) di angka 114.

Sedangkan berdasarkan Indeks Standar Pencemat Udara (ISPU) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), kualitas udara Jawa Timur pagi ini terburuk di Indonesia. Indeks pencemaran udara di Jatim pada 08.00 sebesar 113.

Reporter: Djati Waluyo

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...