Megawati Putuskan PDIP Usung Ansy Lema jadi Calon Gubernur NTT

Ade Rosman
10 Juli 2024, 15:58
Megawati PDIP
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/Spt.
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kanan) berbincang dengan Sekjen Hasto Kristiyanto (kiri) di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Sabtu (25/5/2024).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengeluarkan sikap terkait calon gubernur yang akan diusung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Nusa Tenggara Timur. Mega menyatakan PDIP akan mendukung Ansy Lema yang saat ini duduk sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat. 

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Ansy merupakan figur yang sesuai dengan karakter partai. Menurut Hasto pengalaman Ansy sebagai tokoh pergerakan mahasiswa 98 menjadi salah satu pertimbangan Megawati. Selain itu Ansy juga kembali terpilih untuk periode 2024-2029. 

"Jadi ada pengalaman nasional dan internasional karena dalam pandangan Ibu Megawati Soekarnoputri, NTT ini sangat penting dan strategis," kata Hasto dalam keterangannya, Rabu (10/7).

Hasto mengatakan, dalam proses pengambilan keputusan Megawati selalu mempertimbangkan pentingnya regenerasi kepemimpinan. Di sisi lain, ia menilai secara geopolitik. 

Menurut Hasto, Provinsi NTT berbatasan dengan Australia sehingga dengan posisi geo-strategis juga geo-ekonomi akan dikembangkan oleh sosok yang punya pemahaman terhadap dinamika politik nasional dan juga internasional. Hasto menyebut, Megawati menilai Ansy sosok yang pas.

"Jadi, dari komitmen ideologisnya, kemampuan teknokratisnya, pengalamannya, kemudian pergerakan anak-anak mudanya, saudara Ansy Lema memenuhi syarat-syarat itu,” ujar Hasto. 

Di sisi lain ia mengatakan dengan pengalaman menjadi anggota DPR Ansy akan lebih memiliki gagasan dalam membangun NTT. Begitu pula dalam pengambilan keputusan strategis terkait koordinasi dengan pemerintah pusat. 


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...