PTPP Sebut Kantor - Istana Negara di IKN Bisa untuk Upacara 17 Agustus

Patricia Yashinta Desy Abigail
10 Juli 2024, 16:40
Pekerja menyelesaikan pembangunan jalan di istana presiden Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (12/2/2024).
ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga/rwa.
Pekerja menyelesaikan pembangunan jalan di istana presiden Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (12/2/2024).
Button AI Summarize

PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) menyebut proyek kantor presiden dan istana presiden di Ibu Kota Negara atau IKN sudah hampir rampung. Kedua bangunan itu diperkirakan dapat digunakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79.

"Untuk istana presiden sendiri, saat ini prosesnya sudah sekitar 80 persen dan kemudian untuk kantor presiden yaitu 90 persen,” kata Senior Vice Corporate Secretary Bureau PTPP Joko Raharjo di Jakarta, Selasa (10/7).

Joko menyebut target kontrak untuk pembangunan proyek istana negara dan kantor presiden itu sampai Oktober.

Joko menjelaskan upacara 17 Agustus nanti yang dipakai yakni istana negara dan kantor presiden. "Kami optimis proyek itu bisa dipakai sebagaimana diamanatkan pemerintah kepada kami," kata dia.

Pembangunan Istana dan Kantor Presiden di IKN saat ini dipercepat dari target awal. PTPP juga sudah merampungkan berbagai ruangan khusus untuk Jokowi di kantor dan istana presiden, khususnya nanti digunakan untuk menyambut tamu kenegaraan.

Sebelumnya Jokowi optimistis pembangunan Istana Kepresidenan serta infrastruktur lain yang diperlukan untuk Upacara HUT RI pada 17 Agustus mendatang akan selesai tepat waktu.

"Untuk persiapan 17-an sudah hampir final. Nggak ada masalah di lapangan, tadi kita cek satu per satu dari lokasi venue, kemudian tata urutan upacara, semuanya nggak ada masalah,” kata Jokowi.

Jokowi sudah merasakan sendiri menginap di rumah dinas Menteri PUPR di IKN pada Selasa (4/6) malam. Seluruh pembangunan untuk persiapan 17 Agustus 2024 diperkirakan rampung pada pertengahan bulan depan.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...