Kaesang Temui Airlangga di DPP Golkar Hari Ini, Bahas Kans di Pilkada

Ira Guslina Sufa
11 Juli 2024, 09:22
Golkar
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc.
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (tengah) didampingi Presiden PKS Ahmad Syaikhu (keempat kanan) menjawab pertanyaan wartawan usai silahturahmi antarpartai politik di Kantor DPP PKS, Jakarta, Senin (8/7/2024.
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meminta semua pihak untuk menunggu sikap partainya di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta 2024. Termasuk soal kans Golkar mengusung duet Anies Baswedan dan Kaesang Pangarep . 

Menurut Airlangga keputusan untuk mengusung calon di Jakarta akan ditetapkan setelah ia bertemu dengan Kaesang. Pertemuan akan berlangsung di kantor Dewan Pimpinan Pusat Golkar, Kamis (11/7) sore.

"Ya, kita tunggu dalam pembicaraan dengan Mas Kaesang," kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu malam.

Menurut Airlangga ia belum bisa memastikan apa yang akan disampaikan oleh Kaesang dalam pertemuan tersebut. Namun menurut dia Golkar terbuka untuk membangun komunikasi dengan pihak mana saja. 

Saat ini Golkar sudah menugaskan tiga kadernya, yakni Ridwan Kamil, Ahmad Zaki, dan Erwin Aksa untuk maju pada Pilkada Jakarta 2024. Namun, partai berlambang pohon beringin itu belum memutuskan siapa sosok yang akan diusung sebagai calon gubernur Jakarta.

Ridwan Kamil yang menjabat Wakil Ketua Umum Golkar mengatakan belum ada keputusan apakah ia akan maju di Jakarta atau Jawa Barat. "Tadi masih diputuskan sedang dihitung-hitung dulu,” ujar Airlangga. 

Ia menuturkan akan mengikuti keputusan partai untuk maju ke dalam bursa Pilkada 2024.Dia juga tak meragukan elektabilitasnya yang tinggi di Jawa Barat lantaran dirinya merupakan seorang petahana.

Kendati demikian, Ridwan Kamil mengungkapkan Golkar masih memperhitungkan baik-buruknya maju di Pilkada Jabar ataupun Jakarta. Menurutnya, akan ada pengumuman terkait dirinya untuk maju di pilkada dalam satu hingga dua minggu ke depan.

Sementara itu, isu menduetkan Anies dan Kaesang kembali muncul setelah Kaesang menemui Presiden PKS Ahmad Syaikhu pada Senin (8/7). Kehadiran Kaesang di PKS untuk bersilaturahmi dan membangun komunikasi politik.

Adapun Kaesang pernah menyatakan ketertarikannya untuk maju di Pilkada Jakarta. Menurut Kaesang saat itu Jakarta merupakan kota yang menarik di banding kota lain di Indonesia. 

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...