Sudaryono Resmi Dilantik Jadi Wamentan, Bawa Pesan dari Prabowo

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Juli 2024, 15:09
Politikus Gerindra Sudaryono jadi Wakil Menteri Pertanian, Kamis (18/7).
Katadata / Muhammad Fajar Riyandanu
Politikus Gerindra Sudaryono jadi Wakil Menteri Pertanian, Kamis (18/7).
Button AI Summarize

Politikus Partai Gerindra, Sudaryono resmi dilantik menjadi wakil Menteri Pertanian. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jawa Tengah, itu tiba di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (18/7) sekira pukul 14.05 WIB. 

Sudaryono tiba di Istana dengan setelan formal kemeja putih dibalut dengan jas hitam. Lengkap dengan dasi merah dan kopiah hitam menutup kepala. Dia didampingi oleh istri masuk ke dalam gedung Istana. 

Direktur Utama Garuda TV ini dilantik menjadi pejabat negara bersamaan dengan dua sosok lainnya. Pada saat yang sama Jokowi juga melantik Bendahara Gerindra Thomas (Tommy) Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan II dan Eks Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Kementerian Investasi, Yuliot Tanjung, menjadi Wakil Menteri Investasi. 

Sudaryono mengaku mendapat pesan dari Presiden Terpilih Prabowo Subianto selepas dirinya mendapat kabar akan dilantik menjadi Wamentan. "Ya ada pesan,
pangan adalah kedaulatan negara," kata Sudaryono. 

Dia mengatakan  baru mendapat pemberitahuan pelantikan dari Istana kemarin malam. Meski sudah menerima kontak dari Istana, Sudaryono mengaku belum mendapat informasi terkait pelantikan jabatan dirinya. 

"Saya diberi tahu kemarin, sore dan malam untuk diminta stand by," ujarnya. 

Melansir laman pribadinya, sudaryono.id, Sudaryono yang merupakan lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara melanjutkan pendidikannya ke Jepang. Ia menempuh pendidikan di National Defense Academy of Japan pada 2004-2009.

Sudaryono menjadi asisten pribadi Prabowo sepulangnya dari Jepang. Pada 2020, dirinya menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, kemudian ia ditunjuk menjadi Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah pada 2023.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...