Jadi Wamentan, Sudaryono akan Kawal Kelanjutan Food Estate Prabowo

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Juli 2024, 17:26
food estate, sudaryono, wakil mentan
Katadata
Wakil Menteri Pertanian Sudaryono (tengah) usai pelantikannya di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/7). Foto: M fajar Riyandanu/Katadata
Button AI Summarize

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono, telah dilantik menjadi Wakil Menteri Pertanian atau Wamentan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (18/7).

Sesuai pelantikan, Sudaryono mengaku mendapatkan instruksi khusus untuk meningkatkan produksi pangan, terutama lewat pengembangan proyek lumbung pangan alias food estate.

"Ini menjadi tugas yang tidak ringan, karena sudah dilaksanakan oleh Presiden Jokowi dan tentunya akan terus dilanjutkan dan ditingkatkan oleh Presiden Terpilih Pak Prabowo," kata Sudaryono.

Selain itu, ia akan menggenjot pengadaan lahan tambahan guna memperluas proyek food estate. Tujuannya untuk memberikan kepastian pasokan pangan bagi program makan bergizi gratis di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Tentu saja untuk suplai itu, namanya produksi nasional tentunya digunakan untuk apa saja. Hasilnya juga bisa dijual ke pasar, masyarakat. Jadi food estate gak khusus untuk ini (makan gratis) saja," ujar Sudaryono.

Dia telah mendapatkan arahan untuk membantu Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk menggencarkan peningkatan produksi pangan lewat pengembangan food estate, intensifikasi, hingga pengairan lahan pertanian. 

Sudaryono juga menerima perintah untuk mengoptimalkan potensi tanah rawa, hingga lahan pasang surut sebagai lahan pertanian di daerah pantai atau dekat dengan sungai yang memanfaatkan pasang surut air laut atau aliran sungai.

Sedangkan Prabowo memastikan akan terus melanjutkan program food estate. Ia mengatakan food estate sebagai salah satu langkah mewujudkan ketahanan pangan nasional.

"Kita harus punya food estate yang besar. Kita harus bikin petani makmur supaya anaknya petani mau jadi petani," kata Prabowo saat mengisi dialog capres bersama Kadin di Djakarta Theater pada Jum'at (12/1).


Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...