4 Bakal Calon Gubernur yang Diusung Partai Demokrat di Pilkada 2024

Safrezi Fitra
20 Juli 2024, 10:24
4 Bakal Calon Gubernur yang Diusung Partai Demokrat dalam Pilkada 2024
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wpa.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) menyerahkan surat rekomendasi kepada bakal calon Gubernur untuk Pilkada 2024
Button AI Summarize

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat mengusung pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur di empat provinsi dalam Pilkada 2024. Salah satu nama yang diusung adalah adik dari Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Andi Sudirman Sulaiman sebagai bakal cagub di Sulawesi Selatan.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan secara langsung surat rekomendasi partai secara bergantian kepada empat pasangan bakal calon gubernur (cagub) dan bakal calon wakil gubernur (cawagub) untuk Provinsi Papua Pegunungan, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Banten, dan Provinsi Sulawesi Selatan.

Untuk Pilkada 2024 di Sulawesi Selatan, AHY mengumumkan Demokrat mendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi sebagai bakal cagub dan bakal cawagub.

“Kami meyakini ini akan menjadi pasangan yang ideal, dan mudah-mudahan kita bisa menang dalam perjuangan ini,” kata AHY saat menyerahkan surat rekomendasi ke pasangan Andi dan Fatmawati Rusdi di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat malam (19/7), seperti dikutip Antara.

Andi Sudirman Sulaiman merupakan petahana (incumbent) Gubernur Sulawesi Selatan yang menjabat untuk periode 2022–2023, sementara Fatmawati Rusdi merupakan anggota DPR RI terpilih di Pemilu 2024 dan sebelumnya menjabat sebagai wakil wali kota Makassar periode 2021–2024.

Dalam kesempatan yang sama, AHY juga menyerahkan surat rekomendasi kepada John Tabo dan Ones Pahabol untuk maju sebagai bakal cagub dan bakal cawagub di Provinsi Papua Pegunungan. Keduanya merupakan mantan bupati yang pernah menjabat dalam 10 tahun terakhir. Selain Partai Demokrat, pasangan John Tabo dan Ones Pahabol juga didukung Partai Golkar.

AHY mengatakan John Tabo pernah menjabat sebagai bupati di Tolikara dan Mamberamo Raya. Sedangkan Ones Pahabol yang merupakan Ketua DPD Partai Demokrat di Provinsi Papua Pegunungan pernah menjabat sebagai bupati dua periode di Kabupaten Yahukimo.

“Ini saya lihat banyak pendukungnya datang dari jauh untuk menyaksikan pasangan, dua tokoh Papua Pegunungan ini bersatu, John Tabo dan Ones disingkat Jones,” kata AHY.

Kemudian AHY melanjutkan menyerahkan surat rekomendasi Partai Demokrat kepada pasangan Muhidin dan Hasnuryadi Sulaiman sebagai bakal cagub dan bakal cawagub Kalimantan Selatan. AHY menyebut keduanya punya rekam jejak baik di pemerintahan dan politik.

"Bagi masyarakat Kalimantan Selatan, Bapak Muhidin tidak asing, karena beliau berangkat dari bawah, dari anggota DPRD, kemudian wali kota Banjarmasin, dan gubernur Kalimantan Selatan 5 tahun terakhir,” kata AHY. Sedangkan Hasnuryadi merupakan anggota DPR RI selama 10 tahun terakhir.

Terakhir, Demokrat juga memberikan dukungan kepada kader Partai Gerindra dan PKS, Andra Soni dan Raden Achmad Dimyati Natakusumah sebagai pasangan bakal cagub dan bakal cawagub Provinsi Banten.

“Pak Andra Soni, Ketua DPRD Provinsi Banten memiliki pemahaman utuh terhadap isu-isu yang perlu diperhatikan misalnya dalam sektor ekonomi, sosial, dan budaya, sedangkan Pak Dimyati memiliki rekam jejak sebagai Bupati Pandeglang, sebagai anggota DPR RI yang punya akses dan jejaring tingkat nasional yang bisa dikontribusikan untuk Banten,” kata AHY.

Dengan demikian, untuk Pilkada 2024 di Banten pasangan Andra Soni-Achmad Dimyati pun didukung delapan partai politik, yaitu Partai Gerindra, Partai Demokrat, PKS, NasDem, PKB, PPP, PSI, dan PAN. Pasangan itu pun bakal berhadapan dengan kandidat kuat Airin Rachmi Diany yang diusung Partai Golkar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pemilihan kepala daerah berlangsung serentak di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota. Pemungutan suara untuk Pilkada 2024 itu dijadwalkan berlangsung pada tanggal 27 November 2024.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...