Waspadai Wabah Polio, Jokowi akan Kebut Vaksinasi Anak

Muhamad Fajar Riyandanu
23 Juli 2024, 13:37
jokowi, polio, vaksin
ANTARA FOTO/Gusti Tanati/tom.
Presiden Joko Widodo menyapa anak-anak yang menyambutnya saat tiba di Istora Papua Bangkit, Jayapura, Selasa (23/7/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menggenjot program vaksinasi polio pada anak. Hal ini karena penyakit tersebut kembali menjadi ancaman kesehatan dunia.

Jokowi memerintahkan Kementerian Kesehatan untuk bersikap proaktif dan mengambil langkah-langkah pencegahan sebelum situasi memburuk. Satu di antara sikap pencegahan tersebut adalah memastikan semua anak mendapatkan vaksin polio, terutama di daerah-daerah dengan cakupan vaksinasi rendah.

"Dinas Kesehatan dikerahkan semuanya agar anak-anak kita semuanya mendapatkan vaksin polio, sehingga tidak terjadi lumpuh layu," kata Jokowi usai meninjau Pekan Imunisasi Nasional di Posyandu Rajawali 3, Komplek Graha Nendali Sentani Timur, Kabupaten Jayapura pada Selasa (23/7).

Jokowi mengatakan upaya pencegahan melalui vaksinasi ampuh untuk melindungi anak-anak Indonesia dari penyakit TBC dan wabah polio. "Kita harus waspada bahwa sekarang ini di seluruh dunia outbreak (wabah) polio terjadi lagi, TBC juga naik," ujar Jokowi.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masih menerima laporan terkait Kejadian Luar Biasa (KLB) akibat virus Polio di sejumlah wilayah di Indonesia. Sebanyak 32 Provinsi dan 399 kabupaten/kota di Indonesia masuk dalam kategori risiko tinggi polio.

Sejak 2022 hingga 2024, telah dilaporkan sebanyak total 12 kasus kelumpuhan, dengan 11 kasus yang disebabkan oleh virus polio tipe 2 dan satu kasus diakibatkan oleh virus polio tipe 1.

Kasus-kasus ini tersebar di delapan provinsi di Indonesia, yaitu Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Banten.

Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Yudi Pramono, mengatakan pihaknya akan menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap kedua. PIN Polio ini akan dilaksanakan pada minggu ketiga Juli 2024.

PIN tahap pertama sudah dilaksanakan pada 27 Mei 2024, sementara PIN tahap kedua akan dilaksanakan pada 23 Juli 2024. Pemberian imunisasi pada PIN Polio sangat penting untuk mencegah virus polio yang dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen, terutama pada anak-anak.

Sasaran PIN Polio adalah anak usia 0 hingga 7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Vaksin yang akan diberikan adalah vaksin imunisasi tetes dan suntik.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...