Gerindra Minta PKB Gabung di Kabinet Prabowo-Gibran

Amelia Yesidora
24 Juli 2024, 07:15
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kedua kanan) berbincang dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kedua kiri), Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (kanan), dan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid (kiri) dalam ac
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym.
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kedua kanan) berbincang dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kedua kiri), Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (kanan), dan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid (kiri) dalam acara Tasyakuran Hari Lahir (Harlah) ke-26 PKB di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (23/7/2024). Acara Harlah ke-26 PKB yang dihadiri para kader dari berbagai kota itu mengangkat Menang Pilkada Menangkan Rakyat.
Button AI Summarize

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan pihaknya menunggu Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB bergabung dalam pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Hal ini ia sampaikan di acara Hari Lahir PKB ke-26.

Awalnya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengucapkan selamat ulang tahun bagi PKB lewat tayangan video. Ucapan ini lalu direspon oleh pembawa acara, Arzeti Bilbina. Menurutnya, ucapan yang disertai foto kebersamaan dua orang ini menampilkan cinta lama bersemi kembali. 

 Dasco pun menimpalinya dan mengajak PKB untuk bergabung bersama-sama dalam pemerintahan yang akan datang. 

 "Karena tadi sudah dibilang bahwa kita adalah cinta lama, kami tunggu PKB untuk masuk dalam pemerintah bersama-sama," kata Dasco di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (23/7). Sontak ucapan ini direspon gelak tawa seluruh peserta acara tersebut. 

 Pada kesempatan yang sama, Dasco sepakat dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bahwa semua parpol harus bersama-sama membangun bangsa.  Oleh karena itu, PKB, Gerindra, dan semua partai harus bersama-sama ke depannya. 

 "Saya hanya mengutip tadi yang Bang Surya Paloh sampaikan bahwa bangsa Indonesia membutuhkan kita," kata dia.

 Menanggapi ajakan ini, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menjawab dengan terimakasih. Tidak lupa ia juga mengajak Partai Keadilan Sejahtera atau PKS dalam koalisi ini  

"Terimakasih atas ajakan Pak Dasco, semua siap bersama-sama Pak Dasco. PKS, don't worry saya juga ikut mendaftarkan. Ajak juga PKS, Pak Dasco, dan semua kekuatan bangsa untuk bersama-sama menata Indonesia yang sedang di persimpangan jalan, ekonominya sulit, tidak semudah yang kita bayangkan," kata Muhaimin di kesempatan yang sama.

 Adapun Dasco dan Muhaimin berada pada dua kubu yang berbeda saat Pemilu 2024 lalu. Dasco dan Partai Gerindra mengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka selaku calon presiden dan wakil presiden kemudian keluar sebagai pemenang.

Muhaimin sendiri adalah calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan. Pasangan nomor urut satu ini kalah, berikut partai koalisinya yakni PKS dan Partai NasDem. 

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...