Jokowi Resmikan Kawasan Industri Batang, Lepas 16 Ribu Ekspor Sepatu

Muhamad Fajar Riyandanu
26 Juli 2024, 17:09
jokowi, kawasan industri, batang
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat peresmian Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah, Jumat (26/7). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang hari ini. Selain itu, Jokowi juga diagendakan untuk melakukan pelepasan perdana 16 ribu pasang sepatu buatan PT Yih Quan Footwear Indonesia yang beroperasi di kawasan industri tersebut. 

Jokowi tiba di Pangkalan TNI AD Ahmad Yani, Kota Semarang, Jawa Tengah pada Jumat (26/7), sekira pukul 14.40 WIB. Presiden dan rombongan kemudian langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Batang dengan menggunakan mobil.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana mengatakan, Presiden Jokowi akan meresmikan operasional Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang.

"Sebelum peresmian, Presiden juga akan meninjau sejumlah pabrik yang ada di KIT Batang," kata Yusuf dalam keterangan pers, Jumat (26/7).

Salah satu pabrik yang berada di kawasan tersebut adalah PT Yih Quan Footwear Indonesia. Perusahaan ini merupakan produsen sepatu berkualitas untuk olahraga, kasual, formal hingga sepatu safety.

KIT Batang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang pembangunannya telah rampung pada akhir 2023. Pembangunan KIT Batang fase I dengan 14 penyewa tempat atau tenant telah terisi dengan total realisasi investasi mencapai Rp 6,8 triliun. Adapun estimasi serapan tenaga kerja sebesar 14.880 orang.

Kawasan industri yang terletak di wilayah Pantai Utara (Pantura) ini dikelola oleh PT Kawasan Industri Terpadu Batang, yang merupakan konsorsium dari BUMN dan terdiri dari PT Pembangunan Perumahan, PT Kawasan Industri Wijaya Kusuma, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX, serta Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Batang,

KIT Batang dibangun dengan nilai total investasi sebesar Rp 13,3 triliun di atas lahan seluas 4.300 ha dan telah siap beroperasi di tahun 2024 ini. Kawasan Industri ini direncakanan terintegrasi dengan fokus pada industri berbasis petrokimia dan energi.

Usai kegiatan di Kabupaten Batang, Presiden akan melanjutkan perjalanan menuju Kota Surakarta untuk bermalam dan melanjutkan kegiatan kunjungan kerja keesokan harinya.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Jawa Tengah adalah Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin.

(Judul berita ini diubah pada Jumat (26/7) untuk mencegah pengulangan berita yang sama)

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...