Menu Sarapan Jokowi saat Berkantor di IKN: Nasi Kuning hingga Soto Banjar

Ameidyo Daud Nasution
30 Juli 2024, 11:11
jokowi, ikn, sarapan
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kiri) dan sejumlah influencer media sosial memberikan sambutan saat peresmian Jembatan Pulau Balang, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (28/6/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kegiatan berkantor di Istana Garuda, Kompleks Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Selasa (30/7). Ini adalah hari kedua Jokowi berkantor di IKN sejak Senin (29/7).

Sebelum mengawali kegiatan berkantor, Jokowi selalu menyempatkan diri untuk sarapan di Istana Garuda. Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menjelaskan menu makan pagi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Menu utama terdiri dari nasi putih, nasi kuning, soto banjar, ayam habang, daging kalio, ikan asin, mi goreng dan sajian berbagai jenis hidangan telur di egg station.

Selain itu, juga ada hidangan tradisional seperti bubur kacang hijau, bubur sumsum, cenil dan aneka rebusan dan roti. Selanjutnya ada hidangan penutup buah-buahan seperti jeruk madu, pepaya california, jus jeruk dan wedang sereh.

Menu sarapan presiden pada hari sebelumnya juga identik dengan daftar sajian makan pagi hari ini. Adapun hidangan utama menu sarapan Jokowi dan Iriana pada Senin (29/7) adalah soto lamongan, nasi uduk komplit, bubur ayam komplit, roti bakar dan beragam sajian olahan telur di egg station.

Selain itu, juga ada aneka rebusan seperti pisang, singkong dan kacang serta varian gorengan seperti tahu isi, bakwan, tempe mendoan, dan sukun goreng. Adapun minuman yang disajikan yakni teh, kopi dan wedang jahe.

Presiden Jokowi akan menggelar rapat terbatas atau ratas hari kedua di IKN pada Selasa (30/7). Ratas tersebut bakal membahas soal upaya peningkatan stabilitas dan keamanan di wilayah ibu kota baru.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menjelaskan, ratas esok hari akan dilaksanakan di Istana Garuda. Yusuf mengatakan, Presiden Jokowi akan menerima Pangdam VI/MLM, Kapolda Kaltim, Danrem 091/ASN, Dandim 0913/PPU dan Kapolres Panajam Paser Utara.

"Rapat ini guna memastikan dan mendapatkan laporan terkait peningkatan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat, penegakan hukum, meningkatkan stabilitas dan keamanan di wilayah IKN dan sekitarnya," kata Yusuf lewat keterangan tertulis kepada wartawan pada Senin (29/7).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...