Jokowi Undang 500 Relawan ke IKN Setelah Upacara HUT Ke-79 RI

Ameidyo Daud Nasution
1 Agustus 2024, 17:35
jokowi, ikn, relawan
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Menteri PUPR yang juga Plt Kepala Ototiratas IKN Basuki Hadimuljono (kiri) dan Wakil Menteri ATR yang juga Wakil Kepala Otoritas IKN Raja Juli Antoni (kanan) serta sejumlah influencer media sosial mengendarai motor melewati Jalan Tol IKN di Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (28/7/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengundang relawan pendukung ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada 24-25 Agustus mendatang.

Ketua Umum Relawan Pro-Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi mengatakan, kehadiran relawan di IKN bertujuan untuk menyaksikan proyek warisan  mantan Wali Kota Solo itu setelah masa jabatannya berakhir. Adapun jumlah relawan yang akan terbang ke IKN sebanyak 500 orang.

"Ini kan warisan Pak Presiden Jokowi, kami juga ingin lihat. Dan ingat, relawan berangkat ke sana itu tidak menggunakan fasilitas negara," kata Budi Arie di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (1/8).

Penentuan tanggal 24-25 Agustus untuk jadwal relawan ke IKN adalah hasil arahan dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Jadwal dipilih usai prosesi upacara kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus mendatang.

"Saya juga sudah komunikasi dengan teman-teman relawan agar jangan terpecah fokusnya, jangan sampai terganggu persiapan dan teknisnya," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika tersebut.

Konferensi pers rakernas PROJO
Konferensi pers rakernas PROJO (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nz)

Sebelumnya, Presiden Jokowi berkunjung ke IKN pada Ahad (28/7). Kunjungan tersebut merupakan rangkaian agenda presiden berkantor di bandar baru selama dua hari, sejak Senin (29/7) hingga Selasa (30/7).

Saat itu, Jokowi datang ke IKN dengan mengendarai sepeda motor bersama sejumlah influencer hingga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Mereka menyusuri jalan tol menuju IKN dan bertolak dari Balikpapan.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...