Pengibaran Bendera Merah Putih dan Atraksi Militer HUT RI Hanya Digelar di IKN

Muhamad Fajar Riyandanu
3 Agustus 2024, 08:47
ikn, 17 agustus, hut ri, kemerdekaan indonesia, pengibaran bendera, upacara bendera
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Suasana Istana Negara dan Istana Garuda terlihat dari kawasan Sumbu Kebangsaan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (28/7/2024).
Button AI Summarize

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengatakan prosesi pengibaran bendera merah putih dalam rangka upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 hanya akan dilaksanakan di Kompleks Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Sekretaris Kemensetneg Setya Utama menjelaskan, pemerintah tidak akan melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di Istana Merdeka Jakarta. Pemasangan bendera merah putih di Istana Merdeka Jakarta pada 17 Agustus sudah dikibarkan sejak pagi tanpa ada prosesi penaikan secara khusus.

Setya menambahkan, para tamu undangan yang menghadiri rangkaian upacara kemerdekaan di Istana Kepresidenan Jakarta hanya akan menyaksikan prosesi pengibaran bendera merah putih di IKN melalui videotron.

Selain menyiarkan prosesi pengibaran bendera merah putih, videotron tersebut juga akan menyiarkan beragam atraksi militer yang kerap dihadirkan dalam rangkaian upacara kemerdekaan, seperti penampilan tim aerobatik TNI AU.

"Atraksi militer di IKN saja, tetapi akan ditayangkan di videotron di Jakarta. Jadi semua undangan akan menyaksikan siaran langsungnya," kata Setya melalui keterangan tertulis kepada wartawan pada Jumat (2/8).

Presiden Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto bakal mengikuti rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Istana Kepresidenan IKN Nusantara.

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka akan mengikuti seluruh rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka Jakarta.

Adapun Jokowi akan bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus pemimpin upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di IKN. Pemerintah juga sepakat untuk menggelar apel kehormatan dan renungan suci di dua lokasi, yakni di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kalibata Jakarta dan IKN Memorial Park.

Kegiatan apel kehormatan dan renungan suci di TMP Kalibata dan IKN Memorial Park akan digelar pada 17 Agustus 2024 dini hari yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Jokowi mengatakan perayaan upacara di IKN dan Jakarta bertujuan untuk memperlihatkan masa transisi ibu kota dari Jakarta menuju Nusantara.

"Ini kan masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN, agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan," kata Joko kepada wartawan seusai meninjau Posyandu Taman Sawo, Jakarta Selatan pada Selasa (11/6).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...