Gibran Jajal Makan Bergizi Gratis di Tangerang, Ada Siswa Keluhkan Rasa Susu

Amelia Yesidora
5 Agustus 2024, 13:04
makan bergizi gratis, susu, gibran
Katadata
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka saat menjajal makan bergizi gratis di SDN 04 Tangerang, Banten, Senin (5/8). Foto: Amelia Yesidora/Katadata
Button AI Summarize

Wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka hari ini menjajal program makan bergizi gratis di Tangerang, Banten. Meski demikian, dalam uji coba kali ini, ada keluhan soal susu hingga pilihan menu.

Dari pantauan Katadata.co.id, Gibran tiba di SDN 04 Kota Tangerang pada pukul 11.34 WIB. Sesampainya di sekolah, ia menghampiri kelas, membagikan buku tulis, serta mengajak anak makan siang. 

Dalam uji coba makan bergizi gratis kali ini, masing-masing siswa mendapat nasi putih, sepotong telur fuyunghai, dan sayuran capcai terdiri dari brokoli, tempe, dan wortel. Ada juga tiga potong melon dan satu kotak kecil susu. 

Meski demikian, seorang murid bernama Fandi sempat ingin muntah usai menjajal makan dan susu yang didapatkan.  Wali kelasnya, Fenti, langsung bertanya mengapa Fandi muntah. “Susunya enggak enak,” ujar bocah kelas 2 tersebut. 

Saat ditanya Katadata.co.id soal menu makanan yang disajikan, Fandi mengaku suka dengan menu kali ini. Namun ia mengatakan sebenarnya ingin menu lain. “Aku inginnya chicken (ayam),” kata dia pada Katadata.co.id, Senin (5/8). 

Di sisi lain, ada dua orang murid yang membawa bekal sendiri, bukan dari program makan bergizi gratis. Hal ini diketahui saat Gibran bertanya kepada siswa yang membawa menu berbeda.

 Wali kelas 2B, Fenti, menyatakan hal ini terjadi karena kurangnya koordinasi dengan orang tua murid. Fenti telah mendata jumlah murid yang bakal datang hari ini untuk mengetahui porsi makan yang dibutuhkan. Dua orang murid ini mendata tidak bakal masuk karena sakit. 

 “Jadinya mereka bawa bekal sendiri. Tadi sampai ditanya Mas Gibran, ada porsi yang lebih atau enggak, karena dia enggak bawa sayuran,” kata Fenti. 

 Adapun murid sekolah menerima kotak bekal yang sama dari katering. Murid cukup membawa alat makan masing-masing. 

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...