Banjir di Jalan Tol Menuju IKN, Seminggu Jelang Perayaan HUT RI

Amelia Yesidora
9 Agustus 2024, 12:39
Banjir setinggi mata kaki hingga lutut orang dewasa di jalan menuju jalan tol IKN, Balikpapan, Rabu (9/8/2024).
Katadata/Amelia Yesidora
Banjir setinggi mata kaki hingga lutut orang dewasa di jalan menuju jalan tol IKN, Balikpapan, Rabu (9/8/2024).
Button AI Summarize

Hujan deras mengguyur Balikpapan, Kalimantan Timur sejak Jumat (9/8) subuh. Akibatnya, kota ini dilanda banjir bahkan hingga jalan menuju Ibu Kota Nusantara alias IKN.

Dari pantauan Katadata, banjir terjadi di Jl. Mulawarman hingga pintu tol Balikpapan-Samarinda. Banjir setinggi mata kaki hingga lutut orang dewasa ini menimbulkan macet di jam berangkat kerja. Akibatnya, beberapa warga mencoba mengurai kemacetan di pinggir jalan.

Plt Wakil Kepala Otorita IKN, Raja Juli, menjelaskan banjir ini kerap terjadi tiap tahun. Kendati demikian, ia menjamin pembangunan jalan tol VIP bakal mengurangi banjir tersebut.

“Insya Allah kalau tol yang menyambungkan Balikpapan dan OIKN fully functional Insya Allah tidak ada lagi banjir yang akan dialami. Bahkan kalau semuanya selesai bisa dari Balikpapan ke KIPP bisa 45 sampai 50 menit saja,” ujarnya pada wartawan di Bendungan Sepaku Semoi, Kalimantan Barat, Jumat (9/8).

Balikpapan adalah kota penghubung Ibu Kota Nusantara dengan Jakarta. Seluruh tamu yang bertandang ke IKN akan mendarat di Bandara Sepinggan, Balikpapan.

Untuk mencapai IKN, tamu harus menempuh jalan darat lewat Tol Balikpapan-Samarinda dan keluar di Samboja, Kalimantan Timur. Sekitar 1.5 jam perjalanan barulah mereka sampai ke titik pusat IKN.

Pilihan jalan darat lain adalah lewat Jalan Tol VIP yang menghubungkan Balikpapan langsung ke IKN. Di sini, tamu bakal melewati Jembatan Pulau Balang yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo pada Minggu (28/7) lalu. Waktu tempuh jalur ini lebih cepat, sekitar 45 menit hingga sejam.

Adapun cuaca ekstrem di Kalimantan Timur ini sudah disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG. Beberapa wilayah di Kalimantan Timur diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...