Menengok Penampakan Rusun ASN di IKN, yang Akan Dihuni Petugas Perayaan HUT RI

Amelia Yesidora
11 Agustus 2024, 07:10
Rusun IKN Nusantara
Kementerian PUPR
Button AI Summarize

Pemerintah bakal menggunakan rumah susun aparatur sipil negara atau rusun ASN sebagai tempat tinggal petugas upacara perayaan HUT RI di Ibu Kota Nusantara atau IKN pada Sabtu (17/8). Seperti apa fasilitasnya?

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga menjelaskan, ada 12 tower rusun yang akan dipakai. Masing-masing tower terdiri dari 60 unit rusun dengan tiga kamar seluas total 98 meter persegi.

 “Berarti ada 720 unit, satu unit ada tiga kamar. Kami mampu menyediakan 2.160 kamar,” kata Danis saat ditemui di Rusun ASN 1, IKN, Kalimantan Timur, Jumat (9/8). 

Dalam pantauan Katadata, rusun ASN ini sudah dilengkapi dengan furnitur alias fully furnished. Begitu masuk ke dalam ruangan, penghuni akan disambut dengan ruang tamu berisi satu sofa dengan dua dudukan berukuran sekitar 1,5 meter dan satu sofa dengan satu dudukan berukuran 1 meter. Selain itu, tersedia meja kopi dan karpet kecil. 

Ruang tamu ini juga dilengkapi televisi dan meja dengan beberapa laci-laci. Ada pula dua meja panjang diletakkan berjejer dan dua sofa di depannya. Meja ini bisa digunakan sebagai meja kerja.

Rusun ASN di IKN
Ruang tamu Rusun ASN di IKN (Katadata/Amelia Yesidora)

 

Di ruangan tengah ini, terdapat balkon yang saat ini masih menghadap pepohonan di IKN. Namun, tidak ada pendingin ruangan alias AC untuk ruangan tengah, tetapi terdapat kipas angin di langit-langit.

Berhadapan dengan ruang tamu, ada meja makan kayu yang dilengkapi lima tempat duduk. Dua pasang tempat duduk diletakkan berhadapan dan satu di ujung meja. Di sebelah kiri meja makan, terdapat set dapur mini yang terdiri dari kulkas, wastafel, dan kompor dengan dua tungku yang diletakkan di atas kabinet dapur.

Ruang Makan Rumah Susun di IKN
Ruang Makan Rumah Susun di IKN (Katadata/Amelia Yesidora)

 

Kompor di dapur ini juga dilengkapi dengan cooker hood yang berguna menyedot bau masakan. Di atas hood itu, ada kabinet serta ambalan untuk menyimpan peralatan makan.

Persis di sebelah wastafel, disediakan satu ruangan cuci. Di ruangan kecil ini, ada mesin cuci dan tempat menjemur pakaian.

Bergeser ke sebelah kanan dapur yang juga sejajar dengan ruang tamu, ada dua kamar tidur kecil. Masing-masing kamar tidur ini berisi tempat tidur ukuran single yakni 120x200 sentimeter yang sudah dilengkapi dengan bantal dan guling, meja kerja, serta lemari pakaian.

rumah asn di IKN
Kamar tidur kecil di Rusun ASN, IKN (Katadata/Amelia Yesidora)

 

Berbeda dengan ruangan tengah, dua kamar tidur ini dilengkapi dengan pendingin udara. Masing-masing kamar juga dilengkapi dengan jendela yang juga menghadap pepohonan IKN. Tidak ada kamar mandi di dalam dua kamar tidur kecil ini. Tamu harus berbagi satu kamar mandi yang terletak di seberang kamar mereka.

Di ujung lorong, di antara kamar tidur kecil dan kamar mandi bersama, terdapat kamar tidur utama. Ruangan ini memiliki tempat tidur lebih besar yakni ukuran queen sekitar 160 cm x 200 cm. Ada dua nakas dengan masing-masing dua laci di sisi kiri dan kanan tempat tidur.

Kamar tidur di rusun ASN IKN
Kamar tidur di rusun ASN IKN (Katadata/Amelia Yesidora)

 

Ada lemari setinggi langit-langit ruangan yang terletak di sisi kanan tempat tidur. Di kamar ini, juga ada satu kamar mandi yang bisa digunakan serta balkon di sebelah kiri tempat tidur yang menghadap ke luar.

Seluruh peralatan di rusun ASN ini tergabung dalam satu sistem smart home. Penghuni rusun bisa mengatur suhu udara, lampu, hingga mengunci pintu lewat satu perangkat atau lewat aplikasi di ponsel. Pintu masuk ke kamar juga dilengkapi dengan smart door sehingga penghuni harus memasukkan kode atau menggunakan kartu akses untuk masuk ke dalam.

Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...