Polri Siapkan 898 Personel untuk Pengamanan Lalu Lintas Perayaan HUT RI di IKN

Safrezi Fitra
11 Agustus 2024, 10:33
Polri Siapkan 898 Personel untuk Pengamanan Lalu Lintas Perayaan HUT RI di IKN
ANTARA FOTO/Fauzan/YU
Dua petugas kepolisian menggunakan kendaraan bermotor berjaga di depan Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN)
Button AI Summarize

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan melakukan pengecekan kesiapan personel dan kendaraan pengamanan pengawalan rute lalu lintas dan parkir (pamwalrolakir) menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dia mengatakan sebanyak 898 personel akan dilibatkan dalam Satuan Tugas (Satgas) Pamwalrolakir untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama rangkaian kegiatan HUT RI ke-79 di IKN.

"Dari data laporan Pak Dirlantas, secara keseluruhan sudah siap mengamankan dan mengawal rangkaian acara Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di IKN," ujar Aan dalam keterangannya Sabtu (11/8).

Pengecekan terhadap kesiapan Satgas Pamwalrolakir dilakukan pada Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur (Kaltim), di Islamic Center Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), pada Sabtu.

Aan menekankan pentingnya kesiapan kendaraan pengamanan. Menurutnya, seluruh kendaraan pengamanan, baik roda dua maupun roda empat, telah melalui pengecekan menyeluruh untuk memastikan semuanya dalam kondisi prima dan siap digunakan. Terdapat 87 kendaraan roda empat dan 31 kendaraan roda dua yang sudah siap operasional, bahkan sudah menjalankan tugasnya saat ini.

Menurutnya, Satgas Pamwalrolakir telah melakukan berbagai simulasi untuk memastikan kesiapan mereka dalam mengamankan acara besar perayaan HUT RI di IKN. Simulasi telah dilakukan beberapa kali, baik untuk pengawalan maupun pengamanan rute.

Beberapa waktu lalu Korlantas juga sudah melakukan latihan, sehingga pada hari H nanti betul-betul siap untuk mengamankan acara yang luar biasa tersebut. Aan berharap dengan persiapan yang baik dan komitmen yang tinggi dari seluruh personel, peringatan 79 tahun Hari Kemerdekaan RI dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar.

Usai melakukan pengecekan kesiapan personel, Kakorlantas beserta jajaran melanjutkan kegiatan dengan melakukan pemantauan kondisi jalan tol menuju IKN untuk memastikan kelancaran akses menuju kawasan tersebut. Mereka juga meninjau langsung lokasi Istana Negara dan lapangan upacara yang akan menjadi pusat kegiatan HUT Kemerdekaan di IKN.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...